video editor

Aplikai Edit Video Terbaik untuk Android

aplikasi edit video
pexels

Menghasilkan konten berupa video tentu tidaklah mudah, memerlukan pengetahuan dasar untuk bisa otak-atik hasil rekaman agar lebih menarik. Bagi yang tidak ingin repot untuk kebutuhan editing sederhana, beruntung banyak aplikasi edit video android atau PC yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu syarat bisa menggunakan aplikasi android dengan maksimal, tentu spesifikasi ponsel yang digunakan juga harus mendukung. Pastikan juga kapasitas untuk penyimpanannya masih bisa digunakan dengan leluasa.

Sedangkan kekurangan menggunakan ponsel untuk editing video, pengguna harus lebih bersabar karena tidak ada alat bantu layaknya menggunakan mouse di PC atau laptop.Nah, untuk itu sebelum menggunakan aplikasi editing ini, baiknya mengetahui beberapa spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Dengan berkenalan dengan kemampuannya, pengguna tidak lagi mengalami kendala saat memakai aplikasi tersebut. Di era modern seperti ini, tidak perlu repot lagi untuk sekedar edit video, dengan ponsel pintar yang kalian miliki sudah sangat mendukung.

Aplikasi Edit Video Offline

Pada umumnya fitur utama yang diusung beberapa aplikasi tersebut adalah fungsi memotong, menggabungkan, memangkas, menambah musik serta beberapa efek lain. Dan tentu setiap aplikasi memeliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. YouCut

Salah satu keunggulan yang pasti disukai pengguna adalah tidak adanya watermark dari hasil video yang diedit, sehingga konten pun tidak ada embel-embel tambahan. Selain fitur utama, daya tarik lain adalah adanya kompresor video gratis yang mampu menghemat 90% dengan kualitas bagus.

Dilihat dari user experience, komentar yang hampir 2 juta memberi rating aplikasi ini umumnya menyatakan puas dengan fitur yang ada. Tidak mengherankan hingga artikel ini ditulis YouCut sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta.

2. InShot

Bagi yang mencari aplikasi editing video untuk diunggah di YouTube, instagram atau sosial media lain, InShot menjadi salah satu pilihan. Selain sebagai pengedit video, aplikasi ini juga terkenal untuk editing foto.

Pengguna dengan mudah memperkaya konten editingnya dengan beragam fitur seperti memangkas, memotong, memberikan efek, teks emoji hingga memberi latar belakang pada video. Selain itu rasio video yang dihasilkan pun bisa disetting sesuai keinginan.

3. PowerDirector

Kecepatan dan berbagai manfaat pengguna menjadi konsen PowerDirector. Hal ini bisa dilihat banyaknya fitur yang bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna. Bahkan beberapa fitur editing yang dimiliki selalu diperbarui secara berkala.

Dengan aplikasi ini, pengguna dengan mudah mengedit foto dengan gambaran seperti edit dan ekspor hingga resolusi 4K, membuat cepat dan lamban suatu video, efek pencahayaan, mengganti latar belakang dan masih banyak lainnya.

4. VivaCut

Jika sedang merencanakan edit video gratis untuk YouTube atau sosial media lainnya, VivaCut menawarkan banyak kemudahan. Pengguna juga bisa menggabungkan lebih dari satu video yang diedit menjadi konten menarik dengan tambahan tulisan atau musik kesukaan.

Untuk keperluan editing video sederhana yang akan diunggah ke media sosial, VivaCut sangat mendukung dengan fitur-fiturnya. Sehingga hasil video pun tidak mengecewakan. Sangat direkomendasikan bagi yang suka mengunggah fotonya di sosial media, bagus juga untuk keperluan konten bisnisnya.

5. KineMaster

Fitur unggulan yang ditawarkan KineMaster menjadi berbeda dengan adanya toko aset, beragam musik, klip video, font, stiker dan transisi untuk digunakan dalam menyempurnakan editing video. Dan fitur tersebut diperbarui setiap pekannya.

Untuk menghasilkan hasil video lebih sempurna, terdapat paket langganan yakni KineMaster premiun. Dengan berlangganan pengguna bisa menghapus tanda air dan iklan serta mendapatkan akses ribuan aset premium yang dimiliki.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Kekinian

6. Likee

Jika dilihat jumlah penggunanya, aplikasi edit video ini cukup mengagumkan, dimana sudah didownload oleh 500 juta lebih. Aplikasi Likee sebelumnya bernama LIKE, merupakan platform berbagi video original populer. Menggunakan aplikasi ini dengan mudah menciptakan video viral untuk dibagikan ke seluruh dunia.

Beberapa fitur menarik yang bisa digunakan adalah menambahkan foto, gambar, musik, teks hingga emoji. Selain itu bagi yang suka iseng-iseng hal konyol seperti mengganti warna rambut dan membuat meme bisa didapatkan di Likee.

7. VivaVideo

Aplikasi ini sudah eksis sejak tahun 2019, dan mengklaim sebagai salah satu aplikasi terbaik dibidangnya. Pengguna bisa memanfaatkan beragam  fitur yang ada untuk mendesain sebuah video dengan berbagai kreasi untuk dishare ke media sosial.

Selain bisa digunakan sebagai editing video, VivaVideo juga memungkinkan untuk mengedit foto dan musik. Bahkan efek video seperti glitch, FX, gerak cepat dan lambat juga bisa didapatkan. Setidaknya lebih dari 100 juta pengguna sudah menggunakan aplikasi ini.

8. VideoShow

Bagi penggemar video vlog, aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan segudang fitur unggulannya. Penghargaan pun banyak diraih VideoShow karena cukup populer dan menjadi banyak pilihan pengguna aplikasi editing video.

Dengan VivaVideo, kalian bisa membuat video, mengedit video, membuat meme, merangkai foto, gambar, musik dan keperluan lainnya. Bagi pengguna kreatif dengan segudang ide, bisa diaplikasikan menggunaka VideoShow.

9. Quick

Salah satu aplikasi pilihan untuk pengguna pemula sekalipun. Setelah selesai mengedit, file akan tersimpan secara otomatis di ponsel pengguna. Bahkan untuk mempermudah atau memberikan ide terbaik, pengguna mendapatkan rekomendasi musik yang pas untuk digabungkan.

Fitur utama yang ditawarkan, pengguna bisa menambahkan hingga 75 foto atau klip video dari berbagai tempat penyimpanan seperti Dropbox, Google Photos, galeri, albun dan lainnya. Pilihan gaya video yang bisa dipilih pun cukup banyak. Membutuhkan soundtrack? Jangan khawatir, Quick juga sudah menyiapkan ratusan lagu gratis.

10. Adobe Premier Rush

Adobe Premiere Rush — Video Editor
Adobe Premiere Rush — Video Editor
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot
  • Adobe Premiere Rush — Video Editor Screenshot

Aplikasi ini terbilang multifungsi karena bisa digunakan di berbagai perangkat seperti ponsel, tablet hingga PC. Selain itu kamera yang berada di aplikasi sangat mendukung untuk menghasilkan video dengan kualitas terbaik. Pengguna juga bisa menambahkan suara rekaman dalam video yang diedit.

Sedangkan untuk versi premium, pengguna cukup membayar $ 9,99 perbulan dan bisa menikmati ekspor file tanpa batas. Pengguna bisa memanfaatkan kuota 100 GB untuk berbagai keperluan editing.

11. Film Maker Pro

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah film maker pro, salah satu pembuat film dan editor gratis untuk pengguna. Bukan saja ditujukan kepada para profesional, bahkan amatir pun bisa menggunakan dengan mdudah. Dengan beragam fitur mudah, aplikasi ini memberikan kenyamanan kepada penggunanya.

Selain memiliki beberapa fitur editing pada umumnya, film maker pro memberikan template intro gratis dengan rancangan yang baik. Sehingga video yang dihasilkan memungkinkan dengan beragam tambahan teks, emoji, sticker, musik dan efek suara sesuai yang diinginkan. Aplikasi ini sangat mendukung untuk kebutuhan video yang dishare pada media sosial.

Baca juga: Aplikasi Bingkai Foto Terbaik

Itulah rekomendasi tentang aplikasi editing video dengan beragam fitur yang dimiliki. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal memilih aplikasi mana yang terbaik sesuai kebutuhan.

Leave a Comment