aplikasi screenshot pc dan laptop

11 Aplikasi Screenshot untuk PC dan Laptop yang Mudah Digunakan

aplikasi screenshot pc
Pixabay.com

Saat melakukan aktivitas di depan layar monitor terkadang kita melakukan screnshot yang kemudian diedit sesuai keperluan. Beberapa ada yang menggunakan cara sederhana melalui fitur bawaan hingga menggunakan aplikasi screenshot PC atau laptop yang telah diunduh.

Di era digital seperti saat ini, kita akan dimudahkan untuk melakukan berbagai kebutuhan yang berbasis perangkat elektronik. Bahkan berbagai developer berlomba-lomba menawarkan aplikasi yang mudah digunakan bahkan dapat dimiliki secara gratis.

Aplikasi Screenshot PC dan Laptop

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut rekomendasi aplikasi untuk penangkap layar yang bisa digunakan di PC yang kamu miliki.

1. Snipping Tools

aplikasi screenshot pc
microsoft.com

Sniping Tools biasanya sudah tersedia pada PC atau laptop. Meski tampilannya terbilang sederhana dan monoton, namun apliksi ini cukup populer karena mampu menjawab kebutuhan sederhana pengguna. Sniping Tools menyediakan fitur screenshot gambar pada layar PC kemudian disimpan atau dicopy paste ke sebuah dokumen.

Aplikasi ini tersedia pada windows 7, 8 dan 10 dengan user friendly yang sangat mudah. Cukup crop area monitor yang ingin discreenshot, dan simpan dalam format jpg atau gambar. Namun, kemajuan teknologi saat ini membuat aplikasi Spining Tools mulai tersisihkan.

Pada dasarnya, Spining Tools hanya digunakan untuk kegiatan screenshot saja dengan fitur yang terbatas. Di dalamnya tidak menyediakan layanan untuk teks, croping ataupun efek blur, sehingga pengguna hanya bisa menyimpan gambar dengan sederhana.

2. Lightshot

aplikasi screenshot pc
st.prntscr.com

Lightshot merupakan aplikasi untuk menangkap gambar yang bisa digunakan pada windows maupun Mac. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, fitur yang dibawakan cukup sederhana dengan ukuran yang ringan. Ukuran Lightshot hanya 5MB sehingga tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak.

Dalam aplikasi ini menyediakan layanan untuk screen gambar dengan mode Region. Dimana gambar yang ditangkap bisa disimpan dengan cepat dan aman. Untuk menangkap gambar tersebut cukup dengan menekan tombol pada keyboard yaitu Printscr.

Setelah menekan tombol tersebut, bisa menambahkan berbagai teks atau stiker sesuai keinginan. Lightshot juga menyediakan fitur editing yang lengkap diantaranya frame, arrow, dan berbagai aksesoris lainnya.

3. TinyTake

aplikasi screenshot pc
tinytake.com

Selanjutnya, aplikasi yang bisa digunakan untuk menangkap layar monitor adalah TinyTake. Memakai TinyTake memungkinkan pengguna untuk bisa mengambil gambar dari video yang sedang ditonton. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur wabcam untuk menangkap wajah saat berada di depan laptop.

Aplikasi ini mempunyai fitur editing yang sangat lengkap, mulai dari Line, Ellipse, Arrow, Croping dan Bluring. Meski pada fitur teksnya terdapat grame putih yang tidak bisa hilang atau sebagai watermark.

TinyTake sangat cocok bagi pengguna yang hobi mengunggah hasil editingnya ke media sosial. Dimana untuk menghasilkan konten kreatif dan menarikbpengguna disuguhkan dengan tangkapan gambar yang berkualitas bagus.

4. GreenShot

aplikasi screenshot pc
softonic.com

Jika beberapa aplikasi di atas belum bisa memenuhi kebutuhanmu, selanjutnya yang direkomendasikan adalan Greenshot. Fitur yang dibawakan aplikasi ini cukup lengkap, dimana pengguna bisa melakukan editing secara praktis.

Untuk mengambil gambar, cara yang dilakukan adalah sistem Tray dengan menggunakan hotkey. Selanjutnya bisa memanfaatkan 4 mode yang dibawakan, mode Region, mode Full Screen, Mode Windows dan Last Region untuk editing.

Yang menjadi daya tarik lainnya, ternyata GreenShot ini juga bisa dikolaborasikan dengan aplikasi editing lain yang ada dalam PC. Sehingga pengguna bisa menambahkan bubble, teks, dan bangun ruang sesuai keinginan.

5. Jing

aplikasi screenshot pc
Youtube: Bred Meyer

Aplikasi screenshot PC Mac ataupun Windows yang bisa menjadi alternatif lain adalah Jing. Dimana untuk mempermudah pengguna pemula telah dilengkapi dengan tutorial yang lengkap dan mudah. Selain itu untuk kenyamanan, Jing hadir dengan tampilan yang interface dengan mode region.

Selain untuk screenshot, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar dan video yang unik. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi Jing adalah bubble untuk mengakses history dan pengaturan lebih cepat.

Meski tampilannya sangat sederhana, aplikasi Jing mempunyai fitur yang sangat lengkap. Diantaranya arrow, teks, dan berbagai frame yang bisa digunakan dengan mudah.

Baca juga : Apliksi Edit Video Terbaik

6. Skitch

aplikasi screenshot pc
apps.apple.com

Skitch dapat digunakan untuk melakukan editan gambar yang profesional. Bagaimana tidak, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan frame cantik yang lucu, teks, highlight, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa memotong atau membuat efek blur pada gambar hasil screenshot. Semua fitur tersebut bisa digunakan dengan bebas dan mudah. Dengan begitu, hasil tangkapan gambar sesuai dengan keinginan.

Skitch mempunyai mode yang lengkap dan beragam, yaitu Blank, Region, dan Full Screen. Pengguna bisa menggunakan mode tersebut sesuai kebutuhan. Namun, sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur redo atau untuk mengulang editan.

7. PicPick

aplikasi screenshot pc
picpick.app

Aplikasi PC yang dapat memenuhi kebutuhan screenshot selanjutnya adalah PicPick. Mode yang diawarkan PicPick sangat beragam, mulai dari mode mudah hingga paling sulit, seperti Scrolling Window, Window Control, dan sebagainya.

Sebagai aplikasi screenshot PC scroll yang mempunyai fitur menarik untuk melengkapi pengambilan screeshot, tentu saja PicPick sering digunakan oleh content creator.

Fitur lain yang disediakan dalam PicPick adalah membagikan hasil tangkapan gambar secara langsung, baik melalui email, twitter, facebook dan lainnya. Ini sangat membantu untuk pembuatan konten terbaikmu.

8. Nimbus Capture

penangkap layar pc
chrome.google.com

Nimbus Capture mempunyai interface yang terkesan modern dan menjawab kebutuhan editing gambar. Terdapat bangun ruang yang bisa dibentuk menjadi karya terbaikmu, mulai Rectangle, Ellipse, pencil, dan sebagainya.

Untuk menghasilkan editing yang lebih keren, Nimbus Capture juga dilengkapi dengan fitur terbaru, yaitu croping dan bluring. Sedangkan untuk keperluan seleksi gambar terdapat mode Fragment dan Full Screen yang bisa digunakan.

9. ScreenPresso

penangkap layar pc
screenpresso.com

ScreenPresso merupakan salah satu aplikasi screenshot PC atau laptop yang bisa digunakan secara gratis. Meski fitur yang disediakan tidak terlalu lengkap, namun perfoma ScreenPresso tidak kalah dengan aplikasi lainnya.

Aplikasi ini menyediakan beberapa aksesoris tambahan untuk membuat gambar lebih menarik, diantaranya tag, numbering, stiker dan simbol populer. Selain itu terdapat fitur Cut Out yang digunakan untuk menghilangkan bagian tertentu pada gambar.

Terdapat juga fitu canggih yang bisa digunkan untuk mengatur ukuran sesuai keinginan, namanya Canvas Size. Dan yang terakhir, kamu juga bisa membuat efek kabur atau bayangan pada gambar dengan fitur Bluring.

10. ShareX

penangkap layar pc

ShareX merupakan aplikasi canggih yang menyediakan layanan screenshot gambar pada PC dan laptop. Namun, secara tampilan aplikasi ini masih monoton dan kalah menarik dengan aplikasi screenshot lainnya.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang unik, yaitu mode Text Capture. Dimana fitur ini digunakan untuk mengubah format gambar sesuai keinginan. Menggunakan ShareX kamu juga bisa merekam video dalam bentuk GIF atau MP4.

11. Microsoft Paint

penangkap layar pc

Sebenarnya aplikasi ini tidak menyediakan layanan screenshot secara langsung, melainkan menggunakan tombol Print Screen. Paint merupakan aplikasi bawaan pada windows yang bisa digunakan untuk editing sederhana.

Pengguna membutuhkan bantuan tombol yang bernama Print Screen untuk bisa melakukan editing di Microsoft Paint. Hampir semua perangkat PC ataupun laptop terdapat tombol canggih tersebut.

Praktikknya, cukup menekan tombol Print Screen, kemudian paste di halaman Microsoft Paint. Selanjutnya dilakukan editing sederhana sesuai kebutuhan dan simpan ditempat yang diinginkan.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal

Nah, itulah beberapa aplikasi screenshot PC atau laptop yang bisa digunakan. Umumnya kegiatan menangkap layar dan editing ini sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Kehadirannya cukup bisa diandalkan utnuk kegiatan editing sederhana. Selamat mencoba!

Leave a Comment