in ,

Cara Daftar Paspor Secara Online Buat Kamu yang Mau Ke Luar Negeri

cara daftar paspor online

Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang biasa menghabiskan waktu liburan, melanjutkan pendidikan atau bahkan mengunjungi sanak keluarga di luar negeri.

Kegiatan kunjungan diluar negeri itu sendiri membutuhkan paspor sebagai salah satu dokumen wajib yang harus dibawa, untuk melegalkan perjalanan.

Nah bagi yang masih awam dan pemula namun akan pergi ke luar negeri, ada baiknya untuk memperhatikan cara daftar paspor secara online berikut.

Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan!

Untuk menunjang kemudahan cara daftar paspor secara online, yang pertama dan utama adalah mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

Jangan sampai terlalu cepat membuat janji pembuatan paspor pada kantor imigrasi tanpa menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Siapkan KTP, Akta, KK, Ijazah Terakhir, Surat Keterangan tinggal bagi yang membuat paspor beda kota.

Dalam membuat paspor juga biasanya diminta untuk menyertakan foto terbaru dengan ukuran tertentu. Jangan lupa untuk menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan tersebut yang asli ya, jangan siapkan yang berfoto copy. Ketika semua berkas yang dibutuhkan dirasa sudah siap dan terpenuhi barulah buatlah jadwal pembuatan dan ambil nomor urut secara online.

Cara Daftar Paspor Secara Online

Selain menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar, langkah selanjutnya untuk membuat passport akan dijelaskan dalam ulasan ini. Berikut adalah cara daftar paspor secara online, yang mudah untuk dilakukan.

1. Mendownload Layanan Paspor Online

Cara daftar paspor secara online yang pertama adalah dengan mendownload layanan paspor online pada Playstore. Sayangnya layanan pendaftaran paspor secara online ini memang belum tersedia bagi pengguna IOS. Pendownloadan ini bertujuan untuk seseorang yang akan mendaftar paspor bisa melakukan pendaftaran secara online dahulu.

Era modern saat ini memungkinkan seseorang untuk membuat paspor dengan mudah dengan cara online. Seseorang harus membuat janji atau jadwal pengajuan pembuatan paspor lewat aplikasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya penumpukan peserta pembuatan paspor yang tidak terkendali.

Cara dan aplikasi ini juga dianggap efektif untuk menjadi solusi seseorang mampu mempersiapkan jadwal pembuatan paspor sesuai kemampuannya. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mendownload layanan paspor pada playstore. 

2. Melakukan Pendaftaran Diri Secara Online Pada Aplikasi

Setelah aplikasi yang dimaksud sudah berhasil untuk didownload pada smartphone cara daftar paspor secara online selanjutnya adalah melakukan pendaftaran diri.

ketika sudah masuk ke dalam aplikasi nantinya ada beberapa kolom yang mengharuskan diisi dengan data diri yang tepat dan benar. Isilah kelengkapan data sesuai dengan data pribadi yang dimiliki ya, jangan sampai memalsukan data.

Pendaftaran diri ini menjadi hal yang wajib karena data yang dimasukkan akan terekam ke kantor imigrasi yang menjadi tujuan pembuatan paspor. Masukan setiap data dengan valid sesuai dengan yang ada dan tertera. Hal ini nantinya akan memudahkan petugas dalam mem-verifikasi berkas ketika pemohon datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor.

3. Lakukan Pemilihan Hari Pembuatan Paspor

Setelah mengisi semua data yang ada dan sudah dipastikan keabsahannya, cara daftar paspor secara online selanjutnya adalah pemilihan hari pembuatan paspor.

Lakukan pengecekan terlebih dahulu hari yang diinginkan dengan kantor imigrasi yang dituju, cek apakah masih ada kuota tersedia. Biasanya setiap harinya kantor imigrasi akan melakukan pembatasan jumlah peserta pembuatan paspor untuk menghindari penumpukan peserta.

Misalnya, ketika memilih tanggal dan lokasi kantor namun sudah penuh, maka pemohon bisa mencari pada kantor atau tanggal lainnya. Jangan lupa ketika sudah memilih waktu dan lokasi kantor imigrasi untuk datang setidaknya 15 menit sebelum waktu yang ditentukan.

Hal tersebut berkenaan dengan ketentuan petugas imigrasi yang nantinya membutuhkan waktu pengecekan berkas yang dibawa pemohon.

4. Kunjungi Layanan Paspor Atau Imigrasi

Setelah mengisi data diri online, membuat jadwal pembuatan paspor, cara daftar paspor secara online selanjutnya adalah dengan mengunjungi kantor imigrasi. Jangan lupa untuk membawa berkas yang diminta sesuai dengan ketentuan dengan lengkap dan yang asli. Pastikan untuk datang tidak terlambat bahkan disarankan untuk lebih awal.

Pastikan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan rapi karena bertujuan untuk pengambilan foto yang ada.

Misalnya saja mengambil jadwal antrian pukul 10.00 pagi maka baiknya sudah tiba di kantor imigrasi pukul 09.00 pagi. Keterlambatan hanya akan mempersulit pengajuan pembuatan paspor, apalagi jika sudah hangus pengajuan bisa dilakukan lagi setelah 30 hari.

5. Foto, Verifikasi Berkas, Biometrik Dan Wawancara

Setelah mengunjungi layanan paspor atau kantor imigrasi cara daftar paspor secara online selanjutnya adalah verifikasi berkas.

Petugas akan memeriksa kelengkapan dan keabsahan berkas yang disetorkan sebagai data diri. Jika sudah dianggap lengkap dan sah maka langkah selanjutnya adalah pemohon harus melakukan kegiatan wawancara.

Pada bagian wawancara ini pemohon akan diberikan beberapa pertanyaan dasar, mengenai alasan dan kegiatan keberangkatan ke luar negeri. Misalnya untuk liburan, maka akan diberi pertanyaan negara tujuan liburan, maskapai bahkan persiapan penginapan. Hal ini ditujukan untuk petugas bisa memastikan pemohon tidak akan melakukan hal sembarang diluar negeri.

Selain itu jika kepergian ke luar negeri dengan tujuan umroh atau melanjutkan pendidikan biasanya ada surat pendukung lainnya yang dibutuhkan.

Pihak imigrasi akan mewawancarai dengan cermat setiap pemohon yang ada, sebelum dinyatakan lulus. Jika sudah lulus maka pemohon akan diminta melakukan sesi foto dan biometric untuk menambah kelengkapan data diri.

6. Lakukan Pembayaran

Cara pembuatan paspor secara online selanjutnya setelah mengalami berbagai rangkaian diatas adalah dengan melakukan pembayaran. Jika permohonan dari pemohon sudah dianggap layak, sesuai dan tidak membahayakan maka paspor akan dikeluarkan oleh imigrasi.

Namun sebelumnya pemohon harus membayarkan sejumlah uang sebagai biaya administrasi dan operasional pembuatan paspor.

Pembayaran pembuatan paspor harus dilakukan ke Bank BNI dengan besaran dana yang sudah ditentukan oleh pihak imigrasi. Untuk paspor biasa dengan 48 lembar halaman, pemohon harus menyetorkan uang sebesar Rp.355.000,- dengan tambahan admin Rp.5000,-. Untuk harga pada paspor lainnya akan disesuaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku, namun nilai pembuatannya tidak akan melebihi Rp. 500.000,- tenang saja.

7. Lakukan Pengambilan Paspor

Setelah melakukan seluruh rangkaian pengajuan, pengisian data, wawancara, foto, rekam sidik jari hingga pembayaran maka langkah terakhir adalah pengambilan paspor.

Biasanya pencetakan dan pengambilan paspor bisa dilakukan setelah 3 sampai 4 hari setelah semua berkas diterima dan adanya pembayaran. Pihak kantor imigrasi akan memberikan jadwal tertulis mengenai hari pengambilan paspor, jadi jangan sampai telat ya.

Setelah paspor diterbitkan dan diambil maka pemohon sudah berhak melakukan perjalanan ke luar negeri sesuai paspor yang ada.

Untuk masa berlaku paspor sendiri adalah 5 tahun, dan bisa diperbaharui atau diperpanjang setelahnya. Pastikan untuk menyiapkan paspor dengan baik dan benar sebelum merencanakan perjalanan ke luar negeri ya!

Baca Juga: Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi yang Lagi Marak Terjadi

Itulah beberapa ulasan dan point penting dari cara daftar paspor secara online untuk yang akan bepergian ke luar negeri.

Pastikan untuk menyiapkan paspor setidaknya 2 sampai 3 bulan sebelum keberangkatan untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik. Perhatikan setiap berkas yang dibutuhkan ya!

Written by Raisya FS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *