cara download video youtube

Cara Download Video YouTube Mudah dan Cepat

cara download video youtube

Mencari cara download video YouTube yang cepat dan mudah menjadi hal yang wajar bagi pengguna aktif internet. Dimana saat ini YouTube sudah menjadi sarana hiburan paling populer dan digemari semua kalangan.

Bahkan, anak-anak belum usia 3 tahun pun sudah menggemari platform berbagi konten video ini. Buktinya, coba saja lihat konten-konten yang memiliki tema anak-anak seperti bermain mobil-mobilan, berbelanja dan lainnya viewernya juga tidak kalah banyak.

Nah, mungkin ada pertanyaan kalau bisa nonton secara streaming kenapa harus mengunduh video dari YouTube tersebut? Ada beberapa pertimbangan kenapa harus melakukan itu, salah satunya ketika menemukan video kesuakaan tentu haruslah disimpan agar tidak ribet saat ingin menonton kembali.

Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Dari beberapa cara yang bisa digunakana untuk mengunduh video dari YouTube, kamu cukup memilih yang paling mudah dan menyesuaikan dengan perangkatnya.

1. Download Video YouTube Menggunakan Savefrom.net

Mengunduh video dari situs Savefrom.net menjadi cara paling umum dan paling terkenal di kalangan pengguna YouTube. Cukup dengan mengakses situs ini di browser yang digunakan, kamu dapat mengunduh video dengan mudah.

  • Buka Aplikasi YouTube atau Akses Melalui Browser
cara download video youtube

Masuklah pada browser yang biasa kamu gunakan, dalam hal ini tidak mengharuskan jenis browser tertentu. Jika kamu pakai smartphone langsung saja kunjungi aplikasi YouTube.

  • Mencari Video dan Menyalin Link
cara download video youtube

Setelah masuk pada laman YouTube, carilah video yang akan diunduh. Setelah itu akan muncul ikon “bagikan” atau “share” di bawah list, klik tombol tersebut dan “salin” link yang ada.

  • Mengunjungi Savefrom.net di Tab Baru

Setelah kode sudah disalin (copy), langkah selanjutnya adalah membuka tab baru dengan menuliskan “savefrom”. Disitu terdapat beberapa pilihan sumber file yang akan diunduh, pilih YouTube.

  • Download Video

Setelah itu “paste” atau “tempel” link yang sudah disalin tadi pada kolom tempat download di savefrom.net. Di sebelah tombol “unduh” kamu bisa menyesuaikan terlebih dahulu kualitas dan jenis file yang diinginkan.

Baca juga : Cara Download Lagu Mp3 Gratis

2. Menggunakan CC Cleaner Browser

Mungkin bagi sebagian orang masih jarang menggunakan browser yang satu ini. Dimana pada umumnya memang nama CC Cleaner adalah sebagai software pembersih PC yang cukup populer. Saat ini banyak juga versi aplikasi yang telah digunakan pengguna smartphone.

Nah, sama halnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, UC Browser dan lainnya, kamu bisa mencoba menggunakan CC Cleaner Browser. Browser ini selain menawarkan banyak fitur yang berkaitan keamanan juga sudah dibekali video downloader otomatis. Berikut ini caranya.

  • Pasang  CC Cleaner Browser
cara download video youtube

Gunakan browser apa saja yang biasa digunakan untuk mengunduh file CC Cleaner Browser, atau langsung kunjungi situs ccleaner.com. Setelah menemukan, download dan lakukan instalasi seperti pada umumnya.

  • Buka Situs YouTube
cara download video youtube

Setelah browser sudah terpasang, cobalah untuk mencari salah satu video di YouTube yang akan didownload. Setelah menemukan konten yang diinginkan, biasanya video downloader dari CC Cleaner Browser akan otomatis terlihat seperti menggunakan ekstensi lain.

  • Unduh Video yang Diinginkan

Setelah itu, pastikan kualitas yang diinginkan sebelum mengunduh video yang ada. Terlihat dalam screenshot tersebut, kualitas yang ditawarkan hingga 720 pixel. Setelah kualitas sudah diseting tinggal klik tombol “download” atau “unduh” dan menunggu proses pengunduhan selesai.

3. Add-ons Easy YouTube Video Downloader

Jika kamu sering melakukan download video, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang add-ons Easy Yutube Video Downloader di browser firefox yang digunakan.

Sebelum mengunduh video kita harus menambah add-ons ini di browser, setelah itu akan otomatis sebagai manajer dalam urusan download, hampir sama dengan cara kerja video downloader yang disediakan CC Cleaner Browser.

  • Memasang Extension Add-ons

Langkahnya adalah, ketik keyword ke dalam pencarian add-ons, setelah itu klik “add-ons” sampai muncul halaman baru. Kemudia klik tab “add to firefox” untuk memasang exstension add-ons ini ke dalam browser mozilla firefox.

  • Memastikan Ekstensi Sudah Terpasang

Setelah itu cek menu extensions untuk memastikan apakah add-ons sudah terpasang pada browser.Jika sudah terpasang lanjutkan dengan membuka situs YouTube dan mainkan video yang akan didownload.

  • Mengunjungi YouTube dan Download

Di sana akan muncul tombol download secara otomatis di setiap video yang ingin diunduh. Klik tombol download dan video akan otomatis tersimpan. Menggunakan cara ini, untuk mengunduh video pun sangat praktis.

4. Menggunakan Software IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah salah satu tool untuk mengunduh berbagai file. Meski bermunculan alat-alat terbaru dalam urusan mendownload, namun IDM masih menjadi primadona banyak pengguna internet.

Alasannya adalah kemudahan, karena IMD seperti ekstensi pada umumnya dimana setelah diinstal alat ini akan berfungsi sebagai alat pengunduh otomatis. Bukan saja video, namun file-file yang ada di internet hampir semua bisa didownload menggunakan IDM.

  • Buka browser dan tuliskan internetdownloadmanager.com
  • Setelah itu download dan lakukan instalasi
  • Lengkapi License Agreement
  • Pengaturan destinasi folder, dan instalasi selesai
  • Cara menggunakan IDM cukup mudah, hampir sama dengan fungsi video downloader bawaan CC Cleaner Browser. Dimana tool ini akan muncul ketika ada file yang memungkinkan untuk didownload.

Situs Download YouTube Selain Savefrom

Jika menginginkan situs yang bisa digunaka selain savefrom.net, maka ada banyak laman dengan fungsi yang sama bisa dimanfaatkan.

1. Y2mate.com

Situs alternatif selain savefrom.net, nama lain yang cukup populer adalah Y2mate.com. Cara kerjanya sama hampir sama dengan beberapa situs lainnya, dalam hal kualitas pun tidak kalah baik. Kamu bisa dengan mudah mengunduh video dari YouTube.

Adapun cara penggunaannya adalah cukup kunjungi YouTube daN salin URL video yang sudah dipilih. Setelah itu “tempel” atau “paste” di situs y2mate.com melalui browser yang digunakan. Setelah itu pilih format dan kualitas gambar yang diinginkan lalu download.

2. Vidpaw.net

Jika menginginkan pengalaman baru dalam mengunduh video dari YouTube selain melalui dua situs di atas, kamu bisa memanfaatkan Vidpaw.net. Untuk caranya sendiri hampir sama dengan cara yang sudah digunakan dengan y2mate.com dan safevrom.net.

Langkah pertama copy URL video yang akan diunduh dari situs YouTube kemudian “paste” di kolom download Vidpaw.net, setelah itu klik tab ‘start’. Untuk memastikan kualitas video dan formatnya, terlebih dahulu atur sesuai yang diinginkan.

3. Lilsubs.com

Pilihan lain untuk mengunduh video kesukaan yaitu dengan memanfaatkan situs Lilsubs.com. Fungsi utamanya sama yaitu untuk mengunduh video dari berbagai situs penyedia konten video. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Langkah pertama tentu kamu harus menyalin URL video yang akan diunduh. Caranya klik ikon ‘share’ kemudian pilih ‘copy link’. Kemudian buka situs Lissubs.com untuk proses pengunduhan dengan cara ‘paste’ di kolom download. Yang menjadi pembeda, melalui situs ini kamu juga bisa mengunduh subtitle dari video yang kamu download.

4. Tubeninja.net

Situs Tubeninja.net menjadi alternatif lain sebagai sarana untuk mengunduh video yang diinginkan. Hanya melakukan beberapa langkah sederhana dengan copy paste link dan proses download pun akan berjalan dengan mudah.

Jika ingin mencoba menggunakannya, caranya hampir sama. Pastikan telah menyalin URL dari video yang akan didownload. Setelah itu paste ke situs tubeninja.net di kolom download. Kamu bisa menggunakan perangkat apa saja selama itu mendukung untuk proses browsing. Bisa saja menggunakan smartphone, laptop maupun PC.

5. Keepvid.com

Nama keepvid.com juga tidak terlewatkan untuk urusan download video dari YouTube. Karena namanya mudah diucapkan, beberapa pengguna internet biasanya langsung menggunakan situs ini sebagai sarana mengunduh video.

Caranya hampir sama, pertama cukup salin URL video tersebut kemudian tempel di kolom ‘download’ pada situs Keepvid.com. Setelah sudah tersalin tinggal klik tab ‘download’ dan proses pengunduhan akan berjalan.

Selain untuk mendownload video dari YouTube, situs ini juga bisa digunakan sebagai video converter, video editor, video compressor dan juga audio converter.

Agar nyaman saat menggunakan fitur-fitur di situs ini jangan lupa untuk sign up atau mendaftar terlebih dahulu. Sign up bisa dilakukan dengan klik tab ‘sign up for free’ yang ada di pojok kanan atas laman Keepvid.com.

6. Dredown.com

Situs yang menjadi rekomendasi terakhir adalah dredown.com. Platform ini hadir sebagai salah satu alternatif cara download video dari YouTube tanpa aplikasi. Untuk masalah cara menggunakannya, maka tidak jauh berbeda dengan situs dengan fungsi yang sama.

Salah satu kelebihannya adalah, dredown.com bisa digunakan untuk mengunduh video dari sumber media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Dengan begitu kebutuhan akan mengunduh lagu dari media sosial akan terjawab dengan menggunakan situs ini.

Adapun langkahnya adalah, pertama-tama pilih logo YouTube, karena kita akan mengunduh video yang bersumber media ini. Selanjutnya “salin” link atau URL video tersebut.

Setelah itu klik tab ‘dredown’ yang ada di samping kolom tempat menempelkan URL video. Tak perlu waktu lama video YouTube yang ingin ditonton akan langsung masuk ke penyimpanan smartphone ataupun PC yang kamu gunakan.

Baca juga : Situs Download Drakor Terupdate

Itulah panduan lengkap cara download video YouTube tanpa aplikasi yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Tentu tidak perlu menghafal nama-nama situs ataupun menggunakan semuanya, cukup yang merasa disukai dan memang mudah digunakan saja.

Leave a Comment