cara melacak hp hilang

100% Berhasil, 4 Cara Melacak HP yang Hilang

cara melacak hp hilang
Cara Melacak HP yang Hilang | FindLostCellPhone Apk

Kehilangan hand phone kesayangan tentu rasanya campur aduk tidak karuan, terlebih banyak data yang tersimpan dalam gadget tersebut. Daripada panik dan menambah beban, baiknya sambil mencari cara melacak HP hilang tersebut agar segera mendapat solusi.

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan keberadaan HP itu. Setidaknya dalam artikel ini akan mengulas empat cara yaitu menggunakan email, menggunakan IMEI, google maps dan cara terakhir dengan nomor HP. Masing-masing tentu mempunyai cara yang berbeda.

4 Cara Lacak HP Kesayangan yang Hilang

Bagi yang mengalami musibah kehilangan HP bisa mencoba beberapa metode ini untuk melacak keberadaannya. Jangan ragu untuk meminta bantuan yang lebih mengerti terkait cara-cara ini, agar tidak mengalami kendala dalam proses pelacakannya.

Menggunakan Email

Pertama adalah cara melacak HP hilang lewat email. Menurut beberapa pengguna, cara ini paling sering digunakan karena prosesnya mudah. Alasannya, saat mendaftarkan sebuah smartphone pengguna memakai email untuk beberapa proses pendaftaran. Langkah-langkah melacaknya adalah sebagai berikut:

1. Login dengan Akun Email

Pertama silahkan siapkan perangkat yang akan digunakan untuk masuk akun email, bisa HP ataupun PC/Laptop. Kemudian bukan akun email yang digunakan pada HP lama, pastikan email dan pasword yang dipakai masih ingat. Email yang umum digunakan adalah Gmail karena langsung sinkron dengan akun Google lainnya.

2. Pilih Tampilan Web

Apabila menggunakan HP, maka pastikan untuk mengganti tampilan gmail dengan tampilan web. Namun hal itu tidak perlu dilakukan apabila sebelumnya sudah login menggunakan komputer ataupun laptop. Mengganti ke tampilan web ini berfungsi untuk memberikan menu lengkap yang bisa membantu melacak HP.

3. Pilih Opsi Temukan HP

Setelah tampilan gmail sudah berganti menjadi tampilan web, maka langkah selanjutnya adalah memilih ikon titik yang berjumlah Sembilan. Biasanya ikon ini terletak pada pojok kanan atas, lalu setelahnya pilih menu ‘Temukan Ponsel Anda’. Nantinya gmail akan menampilkan beberapa nama perangkat yang ingin dilacak, setelahnya pilih nama HP yang sesuai dengan merk HP yang hilang.

4. Melacak Lokasi HP

Setelah itu masukkan kembali password atau kata sandi dari email hp yang sebelumnya hilang lalu klik tombol temukan. Nantinya google map akan muncul, dan langsung klik tutup. Pilih jenis HP yang ingin ditemukan, dan segarkan halaman atau refresh untuk bisa mendapatkan lokasi.

Menggunakan IMEI

IMEI adalah kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity. Setiap HP memiliki nomor IMEI sebagai identitasnya. Sehingga pengguna bisa mengetahui identitas HP, mengecek garansi hingga melacak keberadaannya. Cara melacak HP hilang dengan IMEI adalah sebagai berikut;

1. Membuka Google Find My Device

Beruntungnya bagi pengguna android, karena Google sudah bekerjasama dengan pihak android sehingga pengguna bisa melacak ponselnya dengan mudah. Caranya pun cukup mudah, tinggal memasukkan nomor IMEI HP yang hilang. Untuk nomor imei ini pengguna bisa menemukannya di kardus saat membeli HP.

2. Mengklik Secure Device

Langkah selanjutnya adalah memilih menu secure device dengan tujuan untuk mengamankan HP terlebih dahulu. Karena nantinya ponsel akan otomatis terkunci dan mati sehingga HP tersebut tidak bisa dipakai. Tapi meskipun dalam keadaan mati, pemilik HP tetap bisa melacak keberadaan lokasinya.

3. Melacak Lokasi HP

Setelah itu akan muncul tanda seru, pilihlah ikon tersebut dengan mengkliknya. Lalu HP akan menghasilkan gambar peta yang menunjukan lokasi dimana keberadaannya. Lacak dimana lokasi HP tersebut, dan ikutilah dimana lokasinya. Tenang saja lokasinya tidak akan hilang mungkin hanya berpindah tempat saja.

4. Mengetahui Keberadaan HP

Setelah menemukan dimana lokasi keberadaan HP tersebut, maka pemilik bisa langsung menemukannya dengan opsi menyetel suara dengan keras. Biasanya musik ataupun nada dering HP yang digunakan akan berbunyi dengan keras.

Tapi pada opsi ini pengguna juga bisa menghapus semua data yang ada di handphone tersebut, apabila tujuannya untuk mengikhlaskan HPnya, dan tidak ingin menggunakan lagi.

Menggunakan Google Maps

Opsi selanjutnya untuk mengetahui keberaan ponsel yang hilang adalah menggunakan Google Maps. Namun, untuk cara ini hanya bisa digunakan untuk melacak HP android. Bagi pengguna ponsel dengan sistem selain android, bisa memaksimalkan dua cara sebelumnya.

1. Membuka Aplikasi Google Maps

Langkah pertama melacak HP hilang menggunakan Google Maps adalah memastikan bahwa di ponsel yang ingin digunakan untuk melacak handphone yang hilang sudah ada Google Maps. Apabila sudah memilikinya langsung buka aplikasi tersebut, selanjutnya pilih menu pengaturan ataupun menu setting.

2. Menentukan Berapa Lama Waktu Pelacakan

Setelah masuk ke menu pengaturan ataupun setting pilih menu bagi lokasi yang letaknya ada di pojok kiri atas, dan setelahnya pilih mulai. Pada saat ini jangan lupa untuk memilih waktu berapa lama pelacakan akan dilakukan. Idealnya waktu pelacakan adalah satu jam, tapi bisa juga memilih hingga dinonaktifkan.

3. Masukkan Nomor HP dan Email HP yang Akang Dilacak

Nantinya pengguna tinggal memilih pilihan menu ‘pilih orang’, klik menu tersebut. Selanjutnya adalah masukkan nomor HP dan email HP yang sebelumnya hilang, ataupun ponsel yang ingin dilacak. Lalu lanjutkan dengan cara melacak HP hilang.

4. Mengaktifkan Pencarian

Terakhir adalah memilih bagikan, dan klik tombol aktifkan maka HP akan mulai terlacak. Biasanya waktu pelacakan ini membutuhkan waktu selama  24 jam supaya ponsel bisa terlacak dengan benar, dan hasil yang didapatkan akurat sesuai dengan lokasi terakhir handphone.

Baca juga: Tutorial Registrasi Kartu Prabayar All Operator

Menggunakan Nomor HP

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah menggunakan nomor HP yang digunakan. Berikut langkah melacak HP dengan nomor yang digunakan:

1. Mengingat Provider yang Digunakan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengingat terlebih dahulu provider apa yang digunakan pada HP sebelumnya. Hal ini dilakukan karena berkaitan dengan langkah berikutnya dengan metode ini.

2. Memilih Menu Dial

Selanjutnya setelah mengetahui dan mengingat provider apa yang sebelumnya digunakan, gunakan perangkat lain untuk mulai melakukan pelacakan. Pada cara yang satu ini perangkat yang bisa digunakan adalah handphone dan langsung masuk ke menu telepon yang ada pada handphone.

3. Memasukan Kode Khusus

Saat sudah di menu dial, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode khusus supaya bisa melacak handphone yang sebelumnya hilang. Kode ini bisa didapatkan sesuai dengan provider yang digunakan pada HP yang hilang. Itulah mengapa mengingat provider yang digunakan merupakan langkah penting dalam cara ini.

4. Melacak Lokasi HP

Terakhir setelah memasukkan kode pengguna akan diberikan beberapa pilihan menu. Pilihlah menu lacak lokasi perangkat, dan masukan nomor handphone yang ingin dilacak. Lalu tunggu sebentar dan selesai, lokasi handphone akan langsung didapatkan.

Bagaimana, apakah sudah menemukan cara yang pas untuk melacak HP yang hilang dengan mudah? Meski tidak  berharap musibah ini terjadi, dengan mengetahui cara-cara ini kalian bisa membantu teman atau saudara yang membutuhkannya.

Leave a Comment