Cara Membuat CV yang Menarik

Curriculum vitae (CV) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan daftar riwayat hidup adalah sebuah pernyataan yang berisikan data diri lengkap seseorang.

Cara membuat CV harus berurutan dan tidak boleh dimanipulasi. Biasanya CV dibuat untuk melamar kerja atau mengajukan beasiswa dan berbagai kepentingan lain.

Posisinya sebagai salah satu berkas dalam melamar kerja sangatlah penting, biasanya bersanding dengan surat lamaran kerja. Jadi, saat membuat CV pastikan sudah benar dan menarik.

Cara Membuat Curriculum Vitae

Tips dalam Membuat CV

Dalam membuat curiculum vitae atau daftar riwayat hidup yang menarik bagi perusahaan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum menulis CV ini.

  • Mencari Informasi Pekerjaan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat CV adalah mencari informasi lowongan pekerjaan diberbagai media yang menyediakan.

Daftar riwayat hidup itu dibuat agar bisa memenuhi persyaratan dalam melamar pekerjaan, oleh karena itu carrilah lowongan yang benar-benar sesuai dengan passion kamu.

Artinya carilah pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu atau sesuai passion yang dimiliki. Jika bisa pilihlah pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu punya.

Biasanya pihak perusahaan atau instansi akan melihat CV kamu dan mengevaluasi pengalaman bekerja dalan lamanya waktu bekerja pada perusahaan sebelumnya.

Ini akan menjadi bahan pertimbangan mereka dalam meloloskannyamu ke tahapan selanjutnya, seperti wawacara kerja.

  • Memahami dengan Baik isi CV dan Surat Lamaran Kerja

Beberapa contoh curiculum vitae di bawah ini mungkin agak berbeda dengan referensi CV di sumber-sumber lain.

Satu hal yang harus digaris bawahi sebelum membuat CV adalah, kamu harus memahami  dengan baik baik apa saja yang menjadi komponen isi dari CV itu sendiri.

Hindari memasukkan data yang tidak penting seperti makanan kesukaan atau hal tak penting lainnya. Bagi mereka yang sudah pernah membuat CV sebelumnya mungkin akan lebih paham bagaimana struktur dan penulisan yang baik.

Namun, tidak ada salahnya untuk mempelajari kembali isi Cv yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Pelajari apa saja yang berpotensi membuat CV yang dibuat menjadi tidak menarik untuk dibaca.

  • Buatlah CV yang Benar dan Menarik

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan dalam membuat cuuriculum vitae ini adalah dengan mulai membuatnya. Dalam membuatnya kamu bisa mengkombinasikan beberapa warna agar enak saat dibaca.

Pastikan sebelum sampai pada tahap penulisan ini kamu sudah mengetahui akan melamar pekerjaan di mana dan apa yang menjadi isi dari CV yang kamu tulis nantinya.

Biasanya contoh curiculum vitae yang ada di internet itu jenis dan warnanya sama. Jadi, untuk membuat CV mu menarik dan lain daripada yang lain adalah dengan menggunakan desain sendiri.

Pemeberian warna dan juga tata letak atau biasa disebut layout akan membuat daftar riwayat hidup kamu akan lebih mengundang untuk dibaca.

  • Lakukan Pengecekan Ulang

Ketika proses penulisan CV sudah selesai dan seluruh data serta informasi sudah lengkap, maka sebelum mengirimkan ke tempat melamar ada baiknya untuk mengeceknya kembali.

Periksa kembali dan pastikan tidak kesalahan penulisan seperti typo, data yang tidak valis, nomor telepon yang salah atau kesalahan lainnya. Ini dilakukan untuk membuktikan bahwa kamu orangnya teliti dan bekerja dengan baik.

Misalnya, buatlah diri kamu seolah-olah HRD yang tengan memeriksa dan mengevaluasi seluruh CV dari para pelamar.

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah kamu bersedia untuk membaca CV dengan tampilan seperti ini? Ini juga menjadi simulasi ketika nantinya berhasil lolos dan masuk ke tahap wawancara pekerjaan oleh pihak perusahaan.

Kumpulan artikel terkait!

Contoh CV

1. Contoh CV Lamaran Kerja

Saat akan melamar pekerjaan, persiapkan CV yang benar dan menarik agar memiliki nilai tambah. Dan pastikan isi yang ditulis sesuai dengan data sebenarnya.

2. Contoh CV Bahasa Inggris

Terkadang ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan CV dalam bahasa inggris. Ini sebagai data awal bahwa pihak pemohon itu memiliki kemampuan dalm berbahasa inggris yang baik.

Itulah tadi beberapa cara membuat curriculum vitae yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat milikmu sendiri. Buatlah CV seringkas mungkin, namun bisa menggambarkan dirimu sepenuhnya.

Leave a Comment