cara membuat surat lamaran kerja

Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

cara membuat surat lamaran kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja | finlab.ae

Baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja tentu memimpikan bisa berkarir di perusahaan bonafit dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Selain mempersiapkan kemampuan diri, hal yang tak kalah penting adalah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang benar agar mendapatkan respon terbaik.

Surat lamaran kerja adalah berkas yang utama dan berdampingan dengan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Dalam surat ini pencari kerja mengajukan permohonan kerja dengan dilengkapi berbagai informasi penting seperti, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, organisasi, contact person dan lain sebagainya.

Dengan pembuatan yang baik dan benar tentu akan lebih menarik pihak recruiter untuk memberikan nilai lebih tentang data diri pelamar kerja. Untuk itu, baiknya kita simak ulasan tentang tips dan cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum membuat surat lamaran kerja, siapkan terlebih dahulu data-data pendukung yang dimiliki agar mempermudah prosesnya. Usahakan tidak memanipulasi data-data yang digunakan saat apply pekerjaan, karena ini akan berdampak pada diri sendiri. Berikut langkah-langkah dalam pembuatannya.

1. Mempersiapkan Dokumen dan Peralatan

Dokumen yang dimaksud umunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah Terakhir, Kartu Keluarga (KK), pas foto, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Pengalaman Kerja dan lainnya. Memang tidak semua pemberi kerja mensyaratkan dokumen yang sama, beberapa ada yang sangat lengkap.

Jika surat lamaran kerja bisa dikirim melalui email, biasanya dokumen dijadikan dalam satu berkas berupa PDF. Sehingga, sebelum mengumpulkannnya dalam satu berkas harus melakukan pemindahan (scan) dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Ini akan memakan waktu cukup lama, solusinya adalah setiap data yang akan digunakan disimpan dengan baik filenya agar bisa digunakan kembali.

2. Menuliskan Keterangan Waktu

Dalam memberikan keterangan waktu berupa lokasi dan tanggal harus ditulis lengkap. Dengan mencantumkan keterangan tersebut akan mempermudah pihak pemberi kerja untuk melakukan seleksi. Sebuah contoh, jika pemberi kerja membutuhkan karyawan dalam waktu yang tidak lama, maka akan memprioritaskan seleksi dengan calon yang tidak jauh dengan lokasi perusahaan.

3. Alamat yang Dituju Jelas dan Lengkap

Setelah menuliskan keterangan waktu, elemen lain yang tak kalah penting dalam cara membuat surat lamaran kerja adalah menuliskan alamat tujuan dengan jelas dan lengkap. Karena dalam beberapa kasus terdapat alamat yang sangat detail hingga bagian sebuah perusahaan atau penyedia kerja yang dituju.

Jika yang dituju adalah nama seseorang, maka hal ini juga harus ditulis lengkap dengan gelar dan jabatanannya. Dalam menulis keterangan ini, awali dengan salam hormat yang sudah umum digunakan. Misalnya, kepada yang terhormat.

4. Menulis Salam Pembuka

Sebagai bentuk penghormatan kepada pihak yang dituju adalah menuliskan salam pada surat lamaran kerja. Penulisan salam seyogyanya ditulis dengan baik dan sopan namun tidak berlebihan. Untuk hal ini, pencari kerja bisa mencari contoh salam yang digunakan dalam sebuah surat lamaran kerja.

5. Mencantumkan Biodata Diri yang Sebenarnya

Benar, selain lengkap dalama penulisan biodata diri ini harus ditulis dengan sebenar-benarnya. Karena jika asal-asalan dalam menuliskan biodata, bahkan memanipulasinya maka yang terjadi di kemudian hari tentu menimbulkan masalah. Nomor HP, email, alamat lengkap adalah beberapa hal yang harus ditulis.

6. Pengantar, Isi Surat, dan Pengalaman

Bagian lain yang penting dalam pembuatan surat ini adalah menuliskan pengantar dan isi surat lamaran dengan baik. Beberapa tips untuk menuliskan pengantar ini adalah memberikan informasi darimana mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut.

Sebagai contoh misalnya, berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs kariroke.com bahwa perusahaan ABC sedang membutuhkan karyawan dengan posisi Manager. Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan pada posisi yang tersedia itu. Dengan berbekal pengalaman dan keinginan untuk berkembang bersama, besar harapan saya bisa mengikuti proses seleksi yang diadakan.

7. Menuliskan Berkas yang Dilampirkan

Langkah selanjutnya dalam membuat surat lamaran kerja adalah menuliskan berkas-bekas yang dilampirkan dengan berurutan. Dalam penulisan ini baiknya disinkronkan dengan urutan berkas yang dilampirkan, sehingga mempermudah dalam pengecekannya. Pastikan juga berkas yang ada sudah sesuai, terkadang karena surat lamaran kerja yang digunakan berkali-kali lupa untuk mengganti persyaratan yang ada.

8. Kalimat Penutup

Akhiri surat lamaran kerja dengan kalimat penutup yang baik. Dalam mengakhiri kalimat penutup, tuliskan juga ucapan terimakasih atas waktu yang telah diberikan untuk mereview surat tersebut. Misalnya, demikian surat lamaran kerja ini saya kirimkan atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

9. Nama Terang dan Tanda Tangan

Setelah semua bagian sudah ditulis dengan baik dan berurutan. Yang terakhir adalah menuliskan nama lengkap disertai tanda tangan. Kemudian cek kembali semua urutan yang sudah ditulis, jika terdapat salah ketik atau tulisan lakukan revisi kembali hingga tidak terdapat kesalahan.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Daftar Riawayat Hidup (CV)

Contoh Surat Lamaran Kerja Simpel

Setelah mengetahui urutan dan cara membuat surat lamaran kerja, berikut ini adalah contoh dalam penerapannya. Tentu, dalam contoh ini bisa dikembangkan lagi sesuai kebutuhan yang akan digunakan dalam melamar kerja. Usahakan tidak terburu-buru dalam proses pembuatan dokumen tersebut.

Lampung, 19 april 2020

Perihal      : Lamaran pekerjaan

Kepada Yang Terhormat.
Bpk/Ibu Pimpinan PT. Nusantara Indah
di Bandar Jaya
 
Dengan hormat
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                          : Sakura
Tempat/Tgl.Lahir         : Sukarame, 22 mei 200
Status                          : Belum menikah
Agama                        : Islam
Pendidikan                  : Sarjana Ilmu Komunikasi UTB, Lampung
Pengalaman kerja       : Staff Marketing PT. Bumi Waras
Alamat                         : Jl. Sukarame No 22, Lampung
HP                               : 080203040506
Email                           : [email protected]

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan di situs kariroke.com bahwa PT. Nusantara Indah sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi Staff Marketing. Dengan ini maka, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Berbekal pengalaman yang saya miliki sebelumnya di PT. Intan Mulia selama 5 tahun dengan posisi yang sama. Saya berharap bisa menjadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi.

Bersama ini saya lampirkan :
1. CV
2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Fotocopy KTP
4. Pas Foto ukuran (4X6)

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
 
 
Sakura, S.I Kom

Demikian artikel singkat yang mengulas bagaimana contoh dan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar mendapatkan pekerjaan idaman. Setelah berusaha dengan berbagai cara, serahkan kepada Tuhan yang telah mengatur semua kebutuhan manusia.

Leave a Comment