cara mengubah pdf ke word

Cara Mengubah PDF ke Word Online dan Offline

cara mengubah pdf ke word
PDF to Word

Banyak cara yang bisa digunakan untuk merubah File PDF menjadi word baik online maupun offline. Alasan melakukan convert tersebut biasanya akan melakukan editing. Seperti yang kita ketahui, untuk file PDF memang tidak bisa langsung dirubah begitu saja.

Sebenarnya cara mengubah dari format PDFke word ataupun sebaliknya caranya sangat mudah. Cara yang paling cepat adalah dengan mengunjungi website khusus yang memungkinkan untuk mengkonversi dari berbagai format ke bentuk yang diinginkan.

Memang file PDF umumnya diperuntukkan untuk dokumen bacaan misalnya jurnal, makalah dan sebagainya. Dengan menggunakan format PDF dokumen tersebut lebih mudah dibaca dan tulisan atau gambar bersifat statis tidak mudah berpindah-pindah. Namun, bagi yang ingin merubahnya dalam format word berikut beberapa caranya.

Cara Mengubah PDF ke Word Online

Dengan menggunakan search engine (misalnya google) kita akan mudah sekali menjumpai situs convert file PDF to word ataupun sebaliknya. Cukup mengetikkan kata kunci ‘pdf to word’, kta disuguhkan dengan banyak pilihan. Beberapa contoh diantaranya adalah smallpdf.com, iloveyoupdf.com, pdf2doc.com, pdfcandy.com, dan masih ada banyak lagi.

Dalam hal ini kita akan mencoba salah satu situs convert pdf to word yang ada di search engine. Caranya adalah kita ketikkan kata kunci ‘pdf to word’, kemudian kita pilih salah satu penyedia convert dokumen tersebut.

Setelah masuk lalu klik “select pdf file/choose file” untuk mengunggah file PDF yang ingin diubah. Lalu, klik “convert”. Setelah itu, tunggu file yang sedang diproses. Kalau sudah selesai, langsung klik “unduh/download”. Setelah iitu dokumen PDF sudah berhasil berubah menjadi format word. Dalam gambar di bawah ini contoh prosesnya menggunakan smallpdf.com.

1. Menulis pdf to word di mesin pencari

cara mengubah pdf ke word

2. Memasukkan file dengan cara pilih file

pdf to word

3. Memilih file di tempat penyimpanan

cara mengubah pdf ke word

4. Tunggu proses dan unduh

cara mengubah pdf ke word

Cara mengubah PDF ke word online menggunakan situs converter sebenarnya lebih praktis, karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja, baik melalui smartphone, tablet, iPhone, maupun PC. Asalkan terhubung dengan internet, perangkat apapun tetap bisa mengakses.

Tidak perlu khawatir, karena cara mengubah PDF ke word menggunakan situs convert tersebut bersifat gratis. Kemudahan lain menggunakan jasa convert online diantaranya yaitu tanpa registrasi, download hasil convert tanpa memasukkan alamat email, dan batas size file juga lumayan besar.

Cara Mengubah PDF ke Word Offline

Cara mengubah PDF ke word juga bisa dilakukan secara offline. Kelemahan convert online biasanya terkendala jaringan internet, proses yang memakan waktu lama, dan kesulitan convert file ukuran besar. Maka dari itu, solusi lain yang bisa digunakan adalah convert file secara offline.

1. Menggunakan HP

cara mengubah pdf ke word
Aplikasi PDF to Word offline

Bagi sebagian besar orang dengan mobilitas tinggi, mereka biasanya tidak sempat membuka dokumen di PC. Pilihan terbaik adalah dengan cara mengubah PDF ke word di HP yaitu melalui aplikasi misalnya PDF Converter.

Caranya yaitu dengan download aplikasi PDF Converter di AppStore atau Play Store. Jika sudah selesai mengunduh, buka aplikasi tersebut. Kemudian pilih tanda ‘+’ dan pilih file PDF yang akan diubah menjadi word. Selanjutnya, tunggu proses convert dokumen sampai selesai.

Dan file tersebut sudah bisa dibuka dalam format word. Selain aplikasi PDF Converter, ada juga aplikasi serupa yang dapat digunakan untuk convert file pdf to word seperti Konversi PDF ke Word Gratis seperti dalam gambar.

2. Menggunakan PC atau Laptop

Software PDF to Word Offline

Sama halnya dengan memakai smartphone, aplikasi pendukung convert file untuk PC/Laptop juga dibutuhkan. Software aplikasi yang paling umum digunakan di Laptop/PC yaitu WPS Office atau Microsoft Office. Apabila perangkat komputer telah terpasang salah satu atau dua software tersebut, mulailah cara mengubahPDF ke word di Laptop/PC dengan langkah sebagai berikut.

  • Untuk WPS Office, langkah pertama yaitu buka WPS Writer terlebih dahulu. Selanjutnya, bukalah file format PDF yang ingin dikonversi. Setelah itu, masuk ke menu “Special Features” dan pilih “pdf to word”.
  • Untuk Microsoft Office, versi minimal yang bisa digunakan adalah Ms. Office 2013. Pertama, buka dulu file format pdf di Microsoft Office. Kalau file sudah terbuka sempurna, selanjutnya klik “Save As” dan pilih ekstensi doc/docx.

Cara mengubah Word ke PDF

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa banyak cara yang bisa digunakan untuk mengubah file PDF ke word. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, pengguna bisa menentukan cara mana yang dirasa efektif.

Lantas jika terdapat pertanyaan, apakah bisa jika merubah kebalikannya word ke pdf?  Jawabnya sangat bisa, bahkan dari berbagai file dengan format apa saja bisa diatasi dengan berbagai bantuan online, aplikasi maupun software.

Caranya hampir sama yaitu bisa melalui situs convert word to PDF secara online. Beberapa situs yang menyediakan layanan convert file seperti smallpdf.com, iloveyoupdf.com, dan pdfcandy.com tidak hanya menyediakan layanan convert file pdf ke word saja, tetapi juga file word ke pdf.

Coba searching dengan kata kunci “word to pdf”, nanti akan muncul berbagai situs convert yang bisa dipilih. Ada juga cara offline yaitu melalui software Microsoft Word. Caranya dengan klik file (terletak di pojok kiri atas), kemudian pilih “Save As”. Pada bagian kolom save as type, pilihlah PDF dan klik “Save”.

Oh iya, fitur save as pdf ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Microsoft Office 2010 ke atas. Kalau pengguna microsoft office 2007 tidak bisa melakukan convert PDF tanpa software pendukung seperti “Add-in Microsoft Save as PDF or XPS”.

Baca juga : Cara Mengurus SIM Secara Online dan Offline

Kekurangan dan Kelebihan antara PDF dan Word

Sekarang kita sudah tahu bahwa dokumen dengan kedua format tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Adapun ulasan detail tentang kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan File PDF

Portable Document File (PDF) adalah file yang digunakan untuk membaca dokumen elektronik. File ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu:

  • File lebih kecil jika dibandingkan dengan file format lain.
  • Mendukung penggunaan tanda tangan elektronik dan penggunaan gambar dalam format vektor yang lebih tajam
  • Fleksibel, bisa dibuka di perangkat apapun termasuk iOS, Android, Windows, dan Mac OS.
  • Dibanding dengan format lain, file format PDF memiliki rasio file corrupt and crash lebih kecil sehingga bisa digunakan untuk berbagai platform dengan aman.
  • Terjamin keamanannya dengan pemasangan password pada file PDF.

Kekurangan File PDF

File PDF yang diciptakan oleh perusahaan Adobe ini juga memiliki beberapa kekurangan. Diantara kekurangan file format PDF yaitu:

  • Kesulitan pada bagian editing atau penyuntingan karna file format PDF pada dasarnya lebih dijadikan sebagai pembaca dokumen elektronik.
  • Memerlukan aplikasi tambahan untuk membaca dan mengedit file PDF secara langsung

Kelebihan File Word

Disisi lain, format file word juga mempunyai keunggulan dan kelemahan yang berbeda dengan file format PDF. Diantara kelebihan file word adalah:

  • Pengguna berasal dari kalangan umum, termasuk pelajar hingga profesional.
  • Sama seperti PDF, file word juga fleksibel untuk berbagai perangkat.

Kekurangan File Word

File word juga memiliki beberapa kekurangan, berikut adalah kekurangan file word yang perlu diketahui.

  • Terlalu longgar dan bebas karena bisa diedit maupun diakses oleh siapa saja
  • Terlalu banyak versi membuat hasil antar versi word menjadi berubah.

Demikianlah beberapa ulasan tentang cara mengubah PDF ke word. Gampang banget kan? Lagi pula, banyak pilihan cara convert file yang bisa dipilih sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi dalam penyelesaian tugas, penelitian yang berkaitan dengan konversi file PDF.

Leave a Comment