cara pasang wifi di rumah

Tips dan Cara Pasang WiFi di Rumah, Pilih Layanan Terbaikmu

cara pasang wifi di rumah
Cara Pasang WiFi | IndiHome

Kebutuhan akan jaringan internet bukan hanya sekedar untuk memenuhi gaya hidup, sudah banyak yang menggunakannya untuk keperluan mencari nafkah dengan berbisnis online. Secara biaya bulanan pun jika dihitung-hitung sangat terjangkau karena aksesnya unlimited.

Dengan semakin mudah dan maraknya penggunaan WiFi untuk rumah, provider pun berlomba-lomba menawarkan jasa terbaik yang dimiliki. Bahkan terdapat penyedia layanan yang membebaskan pemasangan dan pembayaran langganan di akhir.

Nah, sebelum memutuskan memiliki jaringan WiFi di rumah baiknya mencari spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu yang tak kalah penting adalah pelayanan dan kecepatan yang dimiliki.

Tips Sebelum Pasang WiFi di Rumah

Untuk mendapatkan koneksi WiFi yang bagus baiknya menggunakan adaptor yang nirkabel sehingga mampu membangun hotspot lebih baik. Selain itu, jaringan internet tersebut bisa digunakan oleh banyak orang , tentu dalam hal ini anggota keluarga.

Pada tingkatan WiFi yang diperlukan besar frekuensinya adalah 2,4 GHz sampai dengan 5GHz, dengan menggunakan jaringan bernama Local Area Network.

1. Jaringan Bagus

Hal yang pertama dan penting adalah memastikan jaringan yang ditawarkan provider bagus. Karena yang dibutuhkan adalah jaringan yang mendukung kegiatan sehari-hari. Percuma saja jika provider yang dipilih salah dengan lemahnya jaringan. Untuk urusan kapasitas yang terbaik adalah mencapai 20 Mbps.

2. Melakukan Pendaftaran Langsung di Kantor Layanan

Setelah menemukan rekomendasi provider yang akan digunakan, sebaiknya melakukan pendaftaran langsung ke kantor yang dituju. Hal ini akan memudahkan berbagai urusan pendaftaran atau registrasi sebagai pengguna baru. Jika melewati marketing atau sales, belum tentu jika ada keluhan pasca pemasangan mendapatkan dukungan penuh.

3. Tidak Membeli Dari Sales yang Sedang Mengadakan Promo

Walaupun harga yang ditawarkan sales saat promo terdengar murah, namun sebaiknya pembeli tetap bijak dengan mempelajari detail layanan yang diberikan saat berlangganan. Hal tersebut dilakukan agar tidak kecewa setelah menggunakannya.

4. Membaca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Langkah selanjutnya adalah meembaca persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan provider. Terkadang saat mencari informasi kepada orang lain, belum tentu sama dengan yang sebenarnya.

Misalnya seseorang mengatakan jika berlangganan di provider A akan mendapatkan layanan ini dan itu. Padahal seseorang tersebut belum tentu membawa informasi yang detail dan benar.

5. Bisa Menggunakan Router Jenis USB

Saat ini, cara memasang WiFi di rumah cukup mudah yaitu dengan menggunakan Router dengan jenis kabel USB yang instant. Selain itu, dalam penggunaan kabel ini juga harus menggunakan kabel router dengan harga yang terjangkau dan dan bisa dibawa kemana-mana, yaitu berbentuk modem WiFi. Walaupun harga pemasangannya harus mengeluarkan biaya lebih.

6. Jangan Lupa Memasangkan Kartu SIM

Saat akan memasang jaringan WiFi terdapat sebagian sarana dari WiFi yang memerlukan SIM untuk akses data, sebaiknya dipersian. Untuk jenis kartu SIM sendiri tentu menyesuaikan dengan merek WiFi yang akan digunakan. Dengan itu, penggunaan lebih aman dan terhindar dari kerusakan.

7. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Setelah WiFi sudah terpasang dan dapat digunakan dengan baik, tanggung jawab atas pemakain tersebut adalah membayar tagihan bulanan. Perlu tips khusus untuk memanajemen kebutuhan bulanan ini. Jika ada dana lebih misalnya setelah gajian, baiknya langsung disisihkan.

Baca juga : Cara Melacak Ponsel Hilang

Beberapa Cara Pasang WiFi di Rumah

Umumnya banyak yang menggunakan internet service provider untuk kebutuhan jaringan internet. Meskipun harus membayar biaya bulanan, namun keuntungan yang didapat adalah jaringan yang cepat dan tentu bisa digunakan dalam berbagai hal.

Selain berlangganan pada provider tertentu, cara lain yang bisa digunakan adalah berlanggana pada penydia WiFi tower, menggunakan beberapa perangkat gadget dan lainnya. Berikut beberapa tips dan cara pasang WiFi di rumah atau di kantor sebagai bahan pertimbangan

Menggunakan Indihome Atau Provider Sejenis

Dalam hal ini, kita mengambil contoh menggunakan Indihome. Pasang WiFi menggunakan Indihome adalah cara yang paling umum, karena provider ini merupakan salah satu layanan Telkom. Sehingga instalasinya pun cukup mudah.

Untuk bisa menggunakan layanan Indihome, pengguna bisa mendatangi kantor layanan yang ada. Setelah proses selesai pengguna akan mendapatkan kode semacam provider lain misal dari Biznet atau Myrepublic.

Kelebihan lain, dengan membayar paket berlangganan yang dipilih pengguna juga bisa menggunakan untuk telpon rumah dan TV berbayar. Jangkauan dan kapasitas internet Indihome sangat luas. Selain itu, untuk urusan pemasangan pun cukup mudah. Pilihan paket yang disediakan juga bervariasi sesuai kebutuhan pengguna.

Tower Internet

Pilihan lain yang bisa digunakan masyarakat jika ingin menggunakan WiFi yaitu menggunakan tower internet. Dengan cara ini, kapasitas internet yang dimiliki terbilang besar. Pelaratan yang dibutuhkan pun juga mudah didapatkan. Sangat beruntung jika kalian dekat dengan penyedia tower internet dengan layananan yang bagus dan biaya ekonomis.

Menggunakan Laptop

Selain berlanggakan pada provider yang ada, untuk pemakaian sekedarnya kalian bisa menggunakan jaringan laptop. Dimana cara pasang WiFi dengan menggunakan jaringan laptop juga mudah dan tidak sulit sekali. Caranya yaitu klik windows dan R di keyboard, lalu pilih NETSH WLAN SET HOSTEDNETWORK pilih ALLOW SSID. Selanjutnya, buat nama hotspot dan password yang diinginkan dan enter, WiFi pun siap digunakan.

Menggunakan Ponsel

Cara terakhir apabila ingin menikmati jaringan WiFi di rumah adalah menggunakan ponsel kalian. Untuk pengoperasiannya pun cukup mudah, tingga buka menu WiFi lalu pilih hotspot kemudian aktifkan tombol on. Dalam keadaan darurat cara ini cukup familiar digunakan oleh masyarakat.

Itulah beberapa tips dan cara pasang WiFi di rumah dengan berbagai metode. Apapun profesi kalian, penggunaan jaringan internet sebagai pendukung utama tidak bisa dipungkiri lagi. Untuk bisa menikmatinya tinggal menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Leave a Comment