in ,

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru Paling Lengkap

Transfer pulsa adalah hal yang sudah biasa dilakukan untuk berbagi pulsa kepada orang lain saat lagi kepepet. Dan hampir semua provider sudah punya layanan transfer, baik sesame operator maupun operator lain.

Pada pembahasan kali akan diulas lebih lengkap mengenai cara transfer pulsa telkomsel, yuk simak ulasannya.

Telkomsel memang merupakan provider kartu perdana yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Pengguna kartu perdana Telkomsel bahkan mencapai 160 juta jiwa di seluruh Indonesia. Angka yang fantastis bukan?

Bahkan angka ini hampir mencapai setengah dari penduduk Indonesia. maka jangan heran jika Telkomsel banyak memberikan layanan untuk penggunanya.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel

Ada beberapa cara transfer pulsa telkomsel yang bisa kamu lakukan. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan transfer pulsa sebaiknya kamu pahami dulu syarat dan ketentuan transfer pulsa Telkomsel.

Hal ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan kamu dan juga saat ada kendala transfer kamu bisa tahu melalui syarat dan ketentuan tersebut.

  • Layanan transfer pulsa bisa digunakan oleh semua pengguna Telkomsel, baik Loop, Simpati atau Kartu As;
  • Transfer pulsa bisa dilakukan antar sesama operator Telkomsel;
  • Rp 5.000 adalah jumlah minimal yang bisa di transfer, jadi transfer tidak akan bisa dilakukan jika jumlahnya di bawah Rp 5.000;
  • Jumlah maksimal untuk transfer pulsa telkomsel adalah sebesar Rp 200.000 untuk satu kali transfer;
  • Dalam sehari, pengguna hanya bisa melakukan transfer maksimal 10 kali dengan jumlah total pulsa maksimal Rp 1.000.000. Transfer tidak akan dilayani jika melebihi jumlah tersebut;
  • Format penulisan nominal jumlah pulsa yang akan dikirimkan cukup dengan angka depannya saja. Misal untuk pulsa Rp 5.000 maka yang ditulis hanya 5 saja, untuk pulsa Rp 10.000 ditulis 10 saja begitu pun dengan nominal lain
  • Kartu SIM dalam masa tenggang tidak bisa melakukan transfer pulsa, artinya hanya kartu SIM yang aktif atau dalam masa grace period yang bisa melakukan transfer;
  • Untuk kartu pengguna dalam masa tenggang yang menerima transferan pulsa hanya akan bisa menggunakan pulsa tersebut jika kartu perdananya kembali aktif;
  • Setiap transfer yang dilakukan akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.500 (pulsa Rp 5.000 sampai Rp 19.000) dan Rp 2.000 (pulsa Rp 20.000 dan seterusnya) untuk setiap transaksi;
  • Sisa pulsa pengirim minimal Rp 5.000 setelah melakukan transfer;
  • Transfer pulsa hanya bisa dilakukan antar sesama pengguna Telkomsel.

Transfer ke Sesama Pengguna Telkomsel

Siapa sih yang gak tau provider kartu perdana telkomsel? Se-Indonesia juga pasti udah tau operator seluler yang satu ini. Telkomsel memang provider terbesar di Indonesia dan banyak penggunanya. Salah satu layanannya adalah transfer pulsa.

Kamu bisa bagi-bagi pulsa ke teman dengan potongan biaya tertentu. Khusus untuk kamu, simak cara transfer pulsa telkomsel berikut.

1. Menggunakan Layanan Panggilan 858

Cara transfer pulsa telkomsel yang pertama adalah menggunakan layanan panggilan 858 yang ada di ponsel kamu. Melalui layanan panggilan ini kamu bisa berbagi pulsa ke keluarga, teman atau pacar yang menggunakan operator yang sama dengan kamu.

Transfer pulsa dengan cara yang satu ini lumayan mudah untuk dilakukan. Langkah-langkah dalam melakukannya juga anti ribet dan gak makan waktu lama. Untuk melakukan transfer dengan cara ini, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, kamu bisa buka menu panggilan yang ada di ponsel;
  • Klik *858*(nomor tujuan yang akan ditransfer pulsa)*(nominal pulsa yang ingin di transfer)#
  • Selanjutnya, klik “OK/Call” di ponsel kamu;
  • Setelah itu, kamu bisa mengkonfirmasi panggilan itu sebagai tanda bahwa kamu setuju untuk mengirimkan pulsa ke nomor tadi;

Misalnya: *858*081234567892*20#, angka-angka tersebut berarti kamu akan mengirim pulsa sebesar Rp 20.000 ke nomor 081234567892.

2. Menggunakan Menu USSD *858#

Cara transfer pulsa telkomsel yang kedua adalah dengan memanfaatkan menu USSD *858#. Sekilas kamu pasti mengira ini sama dengan cara pertama tadi. Lalu apa bedanya? Kan sama-sama pake 858. Sebenarnya cara pertama hampir sama dengan cara kedua ini.

Hal yang membedakan hanya cara yang kedua ini yang sedikit lebih ribet dibandingkan cara yang pertama.

Cara pertama adalah short cut atau jalan pintas, sedangkan cara kedua ini adalah UMB atau via aplikasi yang nuntut kamu ngikutin step by step di dalamnya. Untuk mentransfer pulsa melalui cara ini, kamu bisa mengikuti langkah sederhana berikut ini.

  • Pertama-tama, buka menu panggilan yang ada di Hp kamu;
  • Selanjutnya, klik *858# pada papan tombol ponsel kamu, lalu dilanjutkan dengan mengklik OK/Call;
  • Pada layar Hp akan terlihat beberapa opsi dari layanan 858. Untuk cara transfer pulsa telkomsel kamu bisa ketik nomor 1 yaitu transfer pulsa.
  • Ketik nomor yang akan kamu transfer pulsa;
  • Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang meminta kamu memasukkan nominal pulsa yang akan dikirim;
  • Selanjutnya, akan muncul kotak dialog lagi yang berisi konfirmasi pengiriman pulsa. jika kamu setuju ketik 1.
  • Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya aka nada SMS dari operator Telkomsel yang berisi pernyataan bahwa transfer pulsa kamu berhasil atau tidak.

3. Via SMS

Cara transfer pulsa telkomsel yang terakhir adalah dengan via SMS. Selain menu panggilan, kamu juga bisa memanfaatkan menu pesan di Hpmu untuk mentransfer pulsa ke sesama operator. Cara ini adalah cara yang paling mudah dari cara-cara sebelumnya. Penasaran? Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, buka menu pesan yang ada di Hm kamu;
  • Pada kolom pengetikan, ketik TPULSA (spasi) nominal pulsa yang ingin kamu transfer;
  • Jika sudah selesai, kirim SMS ini ke nomor yang ingin kamu transfer pulsanya;

Misal: TPULSA 20, lalu kirim ke 081234567892

Ini berarti kamu akan mengirim pulsa sebesar Rp 20.000 ke nomor 081234567892.

Transfer Pulsa Telkomsel ke Operator Lain

Mungkin kamu pernah mengalami kejadian dimana kamu ingin sekali mentransfer pulsa ke teman yang beda operator dengan kamu. Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara transfer pulsa telkomsel ke operator lain.

Namun sayangnya, khusus operator telkomsel hingga saat ini masih belum ada layanan untuk transfer pulsa ke operator lain.

Baca juga: Inilah Daftar HP Terbaru, Ternyata Spek Gahar Semua !

Untuk sementara ini, cara transfer pulsa telkomsel hanya bisa dilakukan antara sesama operator telkomsel saja. Mulai dari Simpati, Loop dan Kartu As saja dan belum bisa transfer ke operator diluar itu. Mudah-mudahan ke depannya akan ada layanan seperti ini di operator telkomsel.

Tapi kalau kamu pengen banget nih berbuat baik dengan bagi-bagi pulsa, kamu bisa kok langsung beli aja. Kamu bisa datang langsung ke counter pulsa yang menyediakan pulsa atau voucher. Yah hitung-hitung ibadah juga kan sama teman karena berbagi itu indah.

Hal yang perlu diingat adalah akan ada pemotongan pulsa saat kamu melakukan transfer. Jadi jangan kaget setelah transfer pulsa ke teman pulsa kamu malah berkurang lebih dari nominal yang dikirimkan.

Gimana? Sudah tau dan paham bagaimana cara transfer pulsa telkomsel ke sesama operator kan? Caranyanya juga gampang kok.

Written by Raisya FS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *