Mau Ngelamar Kerja ? Nih Contoh dan Tips Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

contoh curriculum vitae

Curriculum vitae atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah riwayat hidup meupakan sebuah peryataan yang berisikan data diri dan riwayat hidup seseorang.

Dalam dunia kerja, curriculum viate ini digunakan sebagai berkas awal yang harus dikumpulkan sebelum akhirnya diterima bekerja. Artikel kali ini akan membahas tips bagaimana membuat CV yang baik dan contoh curriculum vitae yang menarik.

Dokumen satu ini menjadi berkas yang sangat penting dalam elamar pekerjaan, di mana pihak perusahaan akan melakukan evaluasi secara mendalam terhadap CV yang kamu lampirkan saat melamar.

Itulah mengapa, curiculum vitae penting untuk dibuat semenarik mungkin. Banyak sekali kasus calon karyawan yang menggunakan contoh curiculum vitae yang tidak menarik sama sekali.

Diperlukan keterampilan dan contoh curriculum vitae yang kreatif dana menarik agar perusahaan merasa tidak salah untuk mempertimbangkan surat lamaranmu.

Nah, bagaimana sih membuat curiclum vitau yang baik, benar, dan pastinya menarik untuk dibaca? Jangan khawatir, karena informasi dibawah ini akan banyak mengedukasi kamu agar bisa membuatnya dan membuka peluang diterima menjadi lebih besar.

Tips Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Dalam membuat curiculum vitae atau daftar riwayat hidup yang menarik bagi perusahaan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum menulis CV ini. Adapun tahapan-tahapan tersebut bisa dilihat melalui ulasan berikut ini:

1. Carilah Informasi Pekerjaan Lebih Dulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat CV adalah mencari informasi lowongan pekerjaan diberbagai media yang menyediakan.

Daftar riwayat hidup itu dibuat agar bisa memenuhi persyaratan dalam melamar pekerjaan, oleh karena itu carrilah lowongan yang benar-benar sesuai dengan passion kamu. Artinya carilah pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu atau sesuai passion yang dimiliki.

Jika bisa pilihlah pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu punya. Biasanya pihak perusahaan atau instansi akan melihat CV kamu dan mengevaluasi pengalaman bekerja dalan lamanya waktu bekerja pada perusahaan sebelumnya. Ini akan menjadi bahan pertimbangan mereka dalam meloloskannyamu ke tahapan selanjutnya, seperti wawacara kerja.

2. Memahami Dengan Baik Isi CV Dan Surat Lamar Kerja

Beberapa contoh curiculum vitae di bawah ini mungkin agak berbeda dengan referensi CV di sumber-sumber lain.

Satu hal yang harus digaris bawahi sebelum membuat CV adalah, kamu harus memahami  dengan baik baik apa saja yang menjadi komponen isi dari CV itu sendiri. Hindari memasukkan data yang tidak penting seperti makanan kesukaan atau hal tak penting lainnya.

Bagi mereka yang sudah pernah membuat CV sebelumnya mungkin akan lebih paham bagaimana struktur dan penulisan yang baik. Namun, tidak ada salahnya untuk mempelajari kembali isi Cv yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Pelajari apa saja yang berpotensi membuat CV yang dibuat menjadi tidak menarik untuk dibaca.

3. Buatlah CV Yang Enak Dibaca

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan dalam membuat cuuriculum vitae ini adalah dengan mulai membuatnya, pastikan sebelum sampai pada tahap penulisan ini kamu sudah mengetahui akan melamar pekerjaan di mana dan apa yang menjadi isi dari CV yang kamu tulis nantinya.

Dalam membuatnya kamu bisa mengkombinasikan beberapa warna agar enak saat dibaca.

Biasanya contoh curiculum vitae yang ada di internet itu jenis dan warnanya sama. Jadi, untuk membuat CV mu menarik dan lain daripada yang lain adalah dengan menggunakan desain sendiri.

Pemeberian warna dan juga tata letak atau biasa disebut layout akan membuat daftar riwayat hidup kamu akan lebih mengundang untuk dibaca.

4. Lakukan Pengecekan Kembali Pada CV

Ketika proses penulisan CV sudah selesai dan seluruh data serta informasi sudah lengkap, maka sebelum mengirimkan ke tempat melamar ada baiknya untuk mengeceknya kembali.

Periksa kembali dan pastikan tidak kesalahan penulisan seperti typo, data yang tidak valis, nomor telepon yang salah atau kesalahan lainnya. Ini dilakukan untuk membuktikan bahwa kamu orangnya teliti dan bekerja dengan baik.

Misalnya, buatlah diri kamu seolah-olah HRD yang tengan memeriksa dan mengevaluasi seluruh CV dari para pelamar.

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah kamu bersedia untuk membaca CV dengan tampilan seperti ini? Ini juga menjadi simulasi ketika nantinya berhasil lolos dan masuk ke tahap wawancara pekerjaan oleh pihak perusahaan.

Contoh Curriculum Vitae Yang Benar

Bagaimana sudah paham dan mengerti bagaimana menulis CV yang menarik dan berpeluang dilirik oleh pihak lain? di bawah ini beberapa contoh curriculum vitae yang bisa dicontoh untuk memperkuat pengetahuan dalam membuat CV yang baik dan benar:

1. Contoh CV Untuk Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan pada sebuah instansi memang selalu diharuskan untuk membuat riwayat diri sendiri. Untuk membuat perusahaam yakin akan dirimu, buatlah contoh curiculum vitae yang menarik untuk dibaca. Berikut format yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

                                          Data Diri

Nama : Indriani

Tempat, Tanggal Lahir : Maros, 12 Desember 2000

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Kewarganegaraan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Alamat Sekarang : Lingkungan Ballu-Ballu, Kel. Taroada, Kec. Turikale

No. Telepon : 082253145128

Alamat Email : [email protected]

                                     RIWAYAT PENDIDIKAN

  • 2007-2012 SDN. 185 Maros
  • 2012-2015 SMP PGRI 3 Maros
  • 2015-2018 SMKN 1 Maros

                 PENGALAMAN KERJA                      

  • PT World Innovative Telecommunication (Promoter)

Demikian riwayat hidup yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Indriani

2. CV Dalam Bahasa Inggris

Terkadang ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan contoh curriculum vitae dalam bahasa inggris. Ini sebagai data awal bahwa pihak pemohon itu memiliki kemampuan dalm berbahasa inggris yang baik. Adapun format penulisannya adalah sebagai berikut:

CURRICULUM VITAE (CV)

PERSONAL DATA

Name : Anhastasya Diyana Noer

Place & Date Of Birth : Ujung Pandang, 3 March 1999

Gender : Female

Religion : Moslem

Height : 169 cm

Weight : 50 kg

Addres : Andi Pangerang Pettrani Street, Makassar

Phone Number : 085-341-741-769

Email : [email protected]

Educational Background

2006-2011 : At Elementary School

2011-2014 : At Junior High School

2014-2017 : At Senior High School

ACADEMIC ACHIEVEMENT

2016-2017 : Ranked General Of 1st Of SMA Negeri 1

ABILITIES

Technology Skill : Desgining Grafif

Langunge Skill : Indonesia (aktive), Inggris (passive)

3. Contoh CV Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Dalam melamar pekerjaan di rumah sakit juga membutuhkan daftar riwayat hidup sebagai persyaratan. Berikut format yang bisa kamu jadikan referensi:

CURRICULUM VITAE

Nama: Amalia Nisya Wirani

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 22 Juli 1986

Alamat : Jalan Andi Djemma No. 8, Makassar

No. Hp : 085341741769

Agama : Islam

Status : Belum Menikah

Email : [email protected]

Pendidikan Terakhir  : Pendidikan Dokter di Universitas Hasanuddin, Makassar

PENDIDIKAN FORMAL

  • 1992-1998 SDN 1 Makassar
  • 1998-2001 SMP 21 Makassar
  • 2001-204 SMA 17 Makassar
  • 2004-2010 Pendidikan Dokter, Universitas Hasanuddin

PENGALAMAN KERJA

  • UGD RSUD Makassar, DOkter Jaga
  • Dokter Praktek Pribadi
  • Dokter Pengganti Puskesmas Panakukkang

Sekian daftar riwayat hidup yang saya tulis dengan sebenar-benarnya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan lamaran kerja saya. Cukup sekian dan terima kasih.

Hormat saya,

Amalia Nisya Wirani

Baca juga: Pengertian eMoney Serta Apa Saja Manfaatnya Buat Kamu

Itulah tadi beberapa contoh curiculum vitae yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat CV mu sendiri. Buatlah CV seringkas mungkin, namun bisa menggambarkan dirimu sepenuhnya. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menjadi referensi yang tepat dan semoga membantu.

Leave a Comment