HP Buatan China Terbaik di Dunia

hp buatan china

Saat membahas merk HP buatan China kita tidak akan kesulitan untuk menyebutkannya. Alasannya jelas, mayoritas masyarakat Indonesia sendiri menggunakan salah satu tipe dari merk smartphone negara tersebut.

Sekarang hampir tidak ada yang mengatakan produk China memiliki kualitas rendah.  Bahkan HP China yang bagus dan murah dibandingkan brand lain sangatlah banyak. Sebut saja sebagai contoh Xiaomi, harga dan kualitasnya selalu menggiurkan.

Untuk mengetahui lebih detail apa saja brand dari Tiongkok, berikut ini ulasan singkat dari masing – masing merk. Sebagai pengguna ponsel pintar, kamu bakal tidak asing lagi dengan deretan brand tersebut.

HP Buatan China yang Terbaik

1. Xiaomi

hp buatan china

Masyarakat Indonesia mengenal Xiaomi sebagai salah satu brand ponsel dengan harga murah dan kualitas yang baik. Padahal, perusahaan yang bermarkas di Beijing ini juga memiliki produk elektronik lainnya.

Meskipun baru didirikan tahun 2010, Xiaomi mampu menarik perhatian konsumen secara global dengan cepat. Saat ini, Xiaomi menjadi salah satu produsen elektronik terbesar di dunia terutama produk smartphone.

Sebagai buktinya, pada tahun 2019 mencatat pengiriman ponsel sebanyak 125 juta unit ponsel pintar ke seluruh dunia. Dan catatan ini menjadi sejarah sebagai peringkat keempat secara global.

2. Oppo

hp buatan china

Oppo menjadi salah satu HP buatan China yang cukup banyak mengeluarkan tipe handphone. Bahkan, kamu akan menemui  peluncuran 2 tipe dalam bulan yang sama. Oppo dikenal dengan kualitas kamera yang bagus dan penggunaan yang awet.

Oppo sendiri merupakan sebuah perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi yang berada di bawah BBK Group. Perusahaan ini berkantor pusat di Donnguan, Guandong, Tiongkok.

Untuk urusan prestasi paling mentereng, Oppo pernah menduduki peringkat 5 dunia dan sebagai brand nomor satu di China pada tahun 2019. Saat ini, jika menginginkan HP Oppo terbaru kamu tidak bakal kesulitan.

3. Vivo

hp buatan china

Kehadiran Vivo menjadi teka – teki banyak orang. Karena memiliki kemiripan dengan Oppo, tidak sedikit yang bertanya apakah ada kesamaan atau perbedaan dengan Oppo. Memang secara desain dan fitur sekilas nampak sama.

Jika pengguna mencari informasi, maka akan terjawab bahwa Oppo dan Vivo memiliki induk perusahaan yang sama, BBK Group. Bukan hanya Vivo, bahkan Realme, OnePlus dan iQOO juga memiliki induk yang sama.

Vivo didirikan tahun 2009 dan awalnya dikenal dengan tipe entry level. Namun, seiring berjalannya waktu Vivo juga hadir dalam berbagai tipe. Saat menginginkan spesifikasi tinggi dari Vivo, konsumen bisa menjumpai dengan mudah.

4. Realme

hp buatan china terbaik

Bisa dikatakan Realme termasuk HP buatan China terbaru, karena perusahan yang bermarkas di Shenzen, Tiongkok ini didirikan tahun 2018. Seperti yang disinggung di atas, bahwa brand ini masih memiliki induk yang sama dengan Oppo dan Vivo.

Sky Li, sebagai pendiri mengatakan bahwa Realme fokus menciptakan smartphone yang memiliki kecepatan dan desain modis. Hal ini benar adanya, kamu bisa melihat setiap tipe dari Realme tidak lepas dari hal tersebut.

Realme menghadirkan produk dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi tinggi. Sebagai contoh  Realme C12 dengan harga 1,5 jutaan, kamu bisa memiliki HP dengan spek yang mumpuni untuk penggunaan harian.

5. OnePlus

hp one plus terbaru

Meski sudah ada dari tahun 2013 namun untuk pangsa pasar di Indonesia gaungnya belum lama terasa. Banyak yang mulai tahu bahwa OnePlus masih satu induk perusahaan dengan brand terkenal lainnya, Oppo, vivo dan Realme.

Selain  produk ponsel pintar, beberapa peralatan elektronik lain yang diproduksi misalnya earphones, powerbank dan juga televisi. Untuk pasar Indonesia masih sebatas smartphone dan terus mengalami perkembangan.

Pendiri brand ini adalah Pete Lau, yang bukan lain adalah mantan wakil presiden Oppo. Lau mengatakan bahwa akan menghadirkan produk berbeda pada OnePlus. Dimana fokus utamanya adalah produk berkualitas tinggi, sederhana dan ramah pengguna.

6. HTC

hp htc terbaru

High Tech Computer Corporation atau HTC Corporation adalah perusahaan yang bermarkas di Taiwan. Keberadaannya pun terbilang cukup lama, karena perusahaan ini sudah ada dari tahun 1997 dengan wilayah operasi seluruh dunia.

Produk yang terkenal dari HTC adalah smartphone dan tablet, dimana produk ini juga bisa dijumpai di Indonesia. Bahkan kamu tidak bakal kesulitan menemukan produk terbaru dari merk HP buatan Taiwan ini.

Secara harga dan spesifikasinya pun sudah mumpuni. Ada banyak tipe dengan harga 1 jutaan yang bisa dijadikan pilihan jika memiliki budget pas – pasan. Untuk kebutuhan dengan spek tinggi juga tidak kalah banyak itemnya.

7. Huawei

hp buatan china

Huawei menjadi salah satu brand papan atas ponsel pintar di dunia bersanding dengan nama lain seperti Apple dan Samsung. Jika dilihat dari sejarahnya, perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1987 yang didirikan oleh Ren Zhengfei.

Untuk pangsa pasar Indonesia sendiri belum terlalu besar, namun terus mengalami pertumbuhan. Untuk harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, kamu bisa memilih harga dari 1 jutaan hingga lebih dari 5 juta.

Sebenarnya, dalam bisnis teknologi Huawei bukan saja menjadi produsen telepon pintar. Karena pada awal –awal didirikan hingga saat ini mengkhususkan pada pengembangan dan penelitian. Bahkan ada puluhan operator telekomunikasi yang bekerjasama dengan Huawei.

8. ASUS

hp android buatan china

Siapa yang tidak kenal dengan merk satu ini? Bahkan, produk telepon pintar ASUS pernah mendapat julukan dari konsumen sebagai “HP sejuta umat”, karena banyaknya yang menggunakan produk dari ASUS.

Meski saat ini pamor ASUS di dunia smartphone mulai meredup karena gempuran merk lain. Namun, ASUS tetap menjadi salah satu perusahaan elektronik terkemuka. Karena, sebelumnya pun perusahaan ini dikenal dengan produk komputer, notebook hingga LCD.

Perusahaan ini sebenarnya bukan pendatang baru, bahkan keberadaannya sudah ada dari tahun 1989. Adapun basis dari ASUS berada di Taiwan dan sebagai tokoh kuncinya adalah Jonney Shih dan Jerry Shen.

9. Lenovo

hp buatan china

HP android buatan china berikutnya ada nama Lenovo. Meski dikenal sebagai produsen PC terbesar di Tiongkok, namun produk telepon pintarnya juga patut dipertimbangkan. Karena di Indonesia sendiri brand ini mendapat tempat yang baik dari konsumen.

Lenovo didirikan oleh Liu Chuanzhi pada tahun 1984 dengan wilayah operasi seluruh dunia. beberapa produk populer yang dipasarkan adalah dekstop, server, netbook, komputer, televisi dan tentu saja telepon genggam.

HP Lenovo terbaru  yang dipasarkan memiliki harga bervariasi sesuai spesifikasi yang diusung. Ada banyak tipe dengan harga 2 jutaan dan 3 jutaan yang bisa dimiliki untuk penggunaan harian. Terdapat juga tipe khusus untuk gamers dengan spek gahar.

10. ZTE

hp zte terbaru

Produsen ini bukanlah pemain baru dalam industri elektronik, perusahaan yang memiliki kantor pusat di Shenzhen, Tiongkok ini telah didirikan pada tahun 1985. ZTE dikenal sebagai pemasok perangkat i dan solusi jaringan telekokomunikasi.

ZTE menjadi salah satu perusahaan terbesar yang ada di China. Bahkan memiliki beberapa kantor besar di berbagai tempat dan divisi litbang di berbagai negara.

Untuk bisa memiliki tipe dari HP ZTE terbaru, pengguna bisa menjumpai dengan mudah. Terutama seri Nubia, tidak banyak yang tahu kalau Nubia adalah salah satu tipe terbaik merk ini. Selain Nubia, seri lain yang banyak diproduksi adalah Axon dan Blade.

11. Meizu

hp meizu terbaru

Deretan HP China terbaik harga 1 jutaan hingga medium selanjutnya adalah Meizu. Perusahaan ini didirikan di Zhuhai, Guangdong pada tahun 2003. Awal mulanya fokus Meizu adalah produsen pemutar MP3 dan MP4.

Namun, seiring perkembangannya Meizu mulai fokus produksinya ke telepon pintar, tepatnya tahun 2007. Tipe terbaru dari brand ini hadir dengan desain elegan dan fitur canggih. Namun, untuk keluaran tahun 2020 tidak begitu banyak tipe yang bisa dipilih.

12. Coolpad

hp coolpad terbaru

Coolpad menjadi salah satu merk HP China jaman dulu dan masih eksis hingga saat ini. Tidak banyak yang tahu jika perusahaan yang didirikan tahun 1993 ini adalah hasil kerjasama Universitas Shenzhen dengan Dickman Enterprise.

Tahun 2012, Coolpad juga menjadi salah satu produsen telepon pintar papan atas di China dan termasuk sepuluh besar.

Banyak prestasi yang telah digapai, termasuk produsen pertama yang menggabungkan dua teknologi dalam satu perangkat, yaitu GSM dan CDMA.

13. TCL

handpone buatan china

Berbeda dengan beberapa perusahaan lainnya, produk dari TCL lebih dikenal dalam berbagai produk elektronik konsumen. Maka, tidak mengherankan jika menemui brand ini pada televisi, AC, kulkas hingga mesin cuci.

Perusahaan yang didirikan pada 1981 di Huizhou, Guangdong ini menjadi salah satu brand papan atas untuk industri elektronik konsumen, terutama televisi.

Adapun untuk produk ponsel pintar, TCL hadir dengan teknologi terbaru dan pilihan harga yang bervariasi dan umumnya ditemui dalam versi menengah. Sebelumnya TCL  memasarkan ponsel pintar dengan nama brand lain seperti Alcatel misalnya.

14. Honor

handpone buatan china

Honor adalah salah satu merk HP buatan China yang masih ada hubungannya dengan Huawei, tepatnya Huawei adalah perusahaan induk. Merk ini didirikan pada tahun 2013 dan menyasar segmen menengah.

Meski secara kualitas dan fitur didesain sebagai penyeimbang Huawei, namun untuk harganya sedikit di bawah Huawei.

15. Gionee

handpone buatan china

Ulasan terakhir merk handphone buatan China adalah Gione. Perusahaan yang didirikan tahun 2012 di Shenzen ini memiliki produk unggulan berupa ponsel pintar dan smartwatches. Hingga saat ini tipe terbaru dari Gionee masih mudah dijumpai.

Beberapa keunggulan dari brand ini, dengan harga terjangkau konsumen bisa memiliki HP dengan baterai kapasitas besar, memiliki layar luas, dan dukungan dapur pacu terbaik.

Dari ulasan ini, tentu tidak ada lagi pertanyaan sebenarnya HP buatan China apa saja. Karena banyaknya produsen dari negara tersebut, maka tinggal memilih ponsel sesuai kebutuhan baik dari spesifikasi dan harganya.

Kumpulan artikel menarik lainnya!

Leave a Comment