Daftar Merk HP Buatan Indonesia Terbaik

hp buatan indonesia

Meski tidak setenar produk dari Tiongkok dan Korea, ternyata ada banyak HP buatan Indonesia terbaik untuk dipertimbangkan. Nama – nama besar seperti Advan, Evercoss hingga Smartfreen adalah deretan produk dalam negeri.

Secara kualitas sebenarnya tidak kalah dengan produk dari negara lain. Hanya saja untuk bersaing dengan produk luar negeri seperti Tiongkok sangatlah berat. Karena produk yang ditawarkan memiliki spek berkelas dan harga terjangkau.

Nah, apa saja merk handphone buatan Indonesia tersebut? Berikut ini ulasan singkat masing – masing brand.

HP Buatan Indonesia yang Mendunia

1. Advan

hp buatan indonesia

Advan menjadi salah satu handphone buatan Indonesia terbaik yang hingga saat ini terus mengeluarkan produk terbaru. Bahkan, secara penjualan pernah masuk dalam 10 besar. Tentu tidak mudah untuk menggapai prestasi tersebut.

Ada banyak tipe HP Advan terbaru yang bisa menjadi pilihan konsumen. Harga yang ditawarkan Advan tergolong murah, namun spesifikasinya pun sudah cukup untuk penggunaan harian.  Selain HP, produk lain yang bisa menjadi pilihan adalah tablet.

Advan sendiri sudah ada sejak tahun 2007, sehingga secara perjalanan di dunia teknologi tanah air cukup lama. Untuk menghadirkan smartphone terbaik, Advan juga didukung tenaga ahli di bidangnya masing – masing.

2. Evercoss

hp buatan indonesia

Di dunia elektronik khususnya ponsel pintar, nama Evercoss menjadi salah satu merk HP buatan Indonesia yang patut diperhitungkan. Karena desain dan namanya seolah asing, tidak sedikit yang mengira bahwa merk ini berasal dari luar negeri.

Evercoss merupakan perusahaan elektronik yang didirikan tahun 2008 di Jakarta. Sebelumnya mer kini bernama Cross Mobile dan telah mengalami perubahan nama dan logo. Selain produk smartphone, Evercoss juga mengeluarkan tipe tablet.

Saat ini, teknologi yang disematkan pada setiap tipe terbaru juga tidak kalah canggih. Handphone Evercoss sudah menggunakan 4G, fitu face unclock, fingerprint, dual camera, hot knot support, USB OTG support dan masih banyak lagi.

3. Zyrex

hp buatan indonesia

Sebenarnya Zyrex lebih dikenal sebagai perusahaan komputer yang sudah ada sejak 1996. Maka saat akan mencari produk PC, laptop atau perlatan komputer lain sudah tidak asing lagi dengan produk – produk dari Zyrex.

Semakin berkembangnya waktu, Zyrex juga menjajal mengeluarkan produk smartphone. Hanya saja, untuk jenis HP dan tablet dari Zyrex tidaklah banyak. Hanya ada beberapa tipe yang diproduksi dan dipasarkan.

Untuk teknologi produk tablet dan HP, Zyrex telah menggunakan sistem operasi Android. Hal ini bisa dilihat misalnya pada tipe OnePad SA-7321, tablet dengan dukungan Android Kitkat yang didesain untuk penggemar game.

4. Polytron

hp buatan indonesia

Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah familiar dengan brand Polytron, terutama produk elektronik rumah tangga. Polytron bisa ditemui berupa TV, kulkas, AC, mesin cuci, freezer dan seabrek item lainnya.

Dilihat dari sejarahnya, Polytron sudah ada sejak tahun 1976 yang dimiliki konglomerat Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Selain itu, Polytron juga memiliki beberapa anak perusahaan salah satunya PT Toshiba Asia Pasific Indonesia.

Saat ini produk handphonePolytron terbaru juga tidak kalah canggih secara teknologi, bisa dibilang mampu bersaing dengan brand kenamaan lainnya. Untuk harganya, konsumen akan mendapati HP dengan harga 1 jutaan, 2 jutaan atau diatasnya.

5. SPC

spc mobile

Sebenarnya SPC Indonesia adalah perusahaan elektronik dengan banyak varian produk. Sebut saja CCTV, all in one PC, accessories, audio dan video hingga smartphone. Sejauh ini untuk produk HP sudah mengeluarkan beberapa tipe.

Adapun produk handphone SPC jika dilihat dari tampilan dan spesifikasinya juga tidak kalah menarik dengan produk dari brand lain. Umumnya tipe tersebut hadir dengan desain elegan dan terkesan modern.

Perjalanan brand SPC di Indonesia memiliki sejarah panjang, dimana sudah berdiri sejak 1985 dan masih eksis hingga saat ini. Meski demikian, untuk produk khusus HP sendiri item yang dikeluarkan masih terbatas.

6. IMO

hp buatan indonesia

IMO Mobile Entertainment menjadi salah satu perusahaan elektronik dari Indonesia yang terkenal dengan produk jam HP. Gaungnya sendiri sudah ada sejak tahun 2011. Selain produk ponsel, IMO juga mengeluarkan jenis tablet.

Sebagai salah satu brand smartphone lokal, keberadaan IMO cukup diminati konsumen terutama yang berburu harga murah. Meski terbilang murah, teknologi yang diusungnya tidak kalah dengan merk HP lainnya.

Yang paling menarik perhatian dari produk IMO sejauh ini memang IMO Smartwatch, bahkan anak – anak kecil sangat menggandrungi jenis ini. Selain berbentuk jam tangan, fungsi utama sebagai ponsel pintar tentu tidak dilewatkan begitu saja.

7. Axioo

hp buatan indonesia

Meski terkenal dengan produk komputer, notebook hingga laptopnya, namun handphone Axioo juga tidak kalah menarik untuk diketahui. Beberapa tipe HP pernah dikeluarkan dan cukup diminati oleh konsumen.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, kamu bakal menemui banyak tipe HP Axio yang dibandrol dengan harga 1 hingga 2 jutaan saja. Dengan harga tersebut, spesifikasi yang ditawarkan sudah mumpuni untuk penggunaan harian.

Saat ini, untuk HP Axio terbaru mungkin tidak banyak pilihan karena tidak meluncurkan secara reguler. Sedangkan jenis tablet selalu ada tipe terbaru, terlebih produk unggulannya berupa komputer, notebook atau laptop.

8. Nexian

hp buatan indonesia

Merk HP buatan Indonesia lain yang sempat populer adalah Nexia. Jika mencari informasi tentang Nexian antara 2006 hingga 2010 akan menemui banyak prestasi yang ditorehkan Nexian. Bahkan, ponsel ini pernah digunakan sekitar 8 jutaan.

Prestasi terbesar dari Nexian pernah dinobatkan sebagai pelopor ponsel lokal, The Most Favourite Local Brand. Untuk bisa mencari tahu lebih dalam, kamu bisa mengunjungi situsnya langsung. Ada banyak informasi menarik tentang brand ini.

Sayangnya, jika menginginkan produk atau tipe terbaru dari Nexian akan mengalami kesulitan. Karena Nexian sudah diakuisisi oleh perusahaan Spice Group. Sehingga sangat sedikit ditemui produk HP Nexian.

9. Mito Mobile

hp buatan indonesia

Berbicara vendor ponsel lokal Indonesia tentu nama Mito Mobile tidak terlewatkan. Keberadaannya sudah ada sejak tahun 2006. Produk ponsel murah dengan beberapa keunggulan yang diusung pun bisa dimiliki konsumen dengan mudah.

Selain ponsel, Mito juga mengeluarkan jenis tablet dan smartwatch. Tipe ponsel pintar yang dikeluarkan pun cukup banyak dengan harga pasaran terjangkau. Sebagai informasi tambahan akhir – akhir ini produk smartwatch yang cukup diunggulkan.

Banyak prestasi yang telah diraih oleh Mito Mobile, misalmya The Most Favourite, Best Seller Mobile hingga The Most Innovative Phone. Mito Mobile juga menjadi parner beberapa operator telekomunikasi yang ada di Indonesia

10. HiMax

himax

Untuk saat ini memang nama HiMax sudah tidak begitu tenar, padahal di masa jayanya HiMax merupakan salah satu handphone buatan Indonesia terbaik. Harga yang dipasarkan pun terbilang terjangkau dengan kualitas unggulan.

HiMax sendiri sudah ada sejak tahun 2012 yang dikembangkan oleh tim dari Jepang. Bahkan banyak yang menyandingkan teknologi dari HiMax tidak kalah dengan produk Tiongkok seperti Xiaomi dan Asus.

Jika kamu selalu update produk ponsel terbaru, kemungkinan akan mengalami kendala jika mencari produk dari HiMax. Alasannya, brand ini tidak segencar pabrikan lain dalam mengeluarkan tipe terbarunya.

11. Maxtron Mobile

maxtroon mobile

Maxtron menjadi salah satu vendor produk HP Indonesia terbaik yang mengeluarkan produk HP dan tablet. Desain dan teknologi yang diusungnya juga tidak kalah baik dengan produk lainnya. Terlebih produk semartphone terbaru tipe S11 4G.

Untuk varianya sendiri memang terbatas, artinya tidak seperti pabrikan lain yang hampir setiap bulan meluncurkan produk terbaru.

Bahkan, seperti yang kita lihat beberapa brand dari Korea dan Tiongkok ada yang meluncurkan lebih dari sekali dalam satu bulan.

12. Andromax

andromax

Andromax merupakan divisi smartphone dari PT Smartfren Telecom Tbk. Ada banyak tipe Andromax yang telah dipasarkan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan dukungan spesifikasi terbaik.

Sayangnya, untuk strategi bisnis Smartfren telah menutup produk HP Andromax pada tahun 2019, fokusnya lebih ke pelayanan telekomunikasi. Sehingga, untuk di pasaran kamu hanya bisa menemui HP second dari produk Andromax.

13. Digicoop

digicoop

HP Indonesia terbaik berikutnya adalah Digicoop yang diproduksi oleh tim ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Produk yang diluncurkan pun telah menggunakan teknologi terbaru dan dipasarkan dengan harga terjangkau.

Meski namanya sempat populer, namun untuk saat ini tidak banyak bisa ditemui tipe terbaru dari Digicoop. Seperti yang diketahui, gempuran ponsel pintar dari Korea dan Tiongkok hampir- hampir tidak ada lawannya.

Bahkan, siapa yang menyangka sekelas Blackbarry yang fiturnya pernah digunakan hampir setiap pemilik smartphone akhirnya harus tumbang juga. Itulah dunia teknologi yang perkembangannya semakin tidak terbendung.

Demikian rekomendasi merk  HP buatan Indonesia yang dihadirkan oleh perusahaan teknologi kenamaan. Tidak ada salahnya, untuk menambah pengetahuan seputar dunia smartphone dan gadget tidak melewatkan begitu saja produk dalam negeri.

Leave a Comment