in

Pengertian Teknologi Informasi Lengkap Dengan Fungsi, Komponen dan Manfaatnya

Pengertian Teknologi Informasi

Di era serba teknologi seperti sekarang ini hampir semua aspek kehidupan itu ditunjang oleh teknologi.

Apalagi sekarang, di mana teknologi informasi sudah merebak luas. Sudah tahu belum pengertian teknologi informasi itu apa?

Bagaimana peranan, komponennya dalam bagi kehidupan? Jika belum memahami, kamu membaca bacaan yang tepat. Untuk lebih jelasnya jangan lupa baca ulasan ini sampai habis ya.

Apa Pengertian Teknologi Informasi?

Pengertian teknologi informasi sendiri merupakan semua perangkat yang digunakan dalam menunjang serta meningkatkan kualitas informasi masyarakat.

Perangkat yang dimaksud di sini adalah perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Semua perangkat ini bertujuan memberikan akses komunikasi kepada para pengguna dalam sehari-harinya.

Adanya teknologi informasi ini tidak hanya berguna bagi alat komunikasi melalui elektronik saja, melainkan juga berguna dalam dunia bisnis.

Informasi komunikasi ini seharusnya memang menjadi perangkat yang wajib ada sebagai sarana mengkoordinasikan hal-hal penting dan juga sebagai media untuk pengarsipan dokumen-dokumen penting milik perusahaan.

Fungsi Sistem Teknologi Informasi

Berdasarkan penjelasan di atas tentulah keberadaan teknologi informasi sangat banyak menunjang aktivitas bagi kelompok maupun perorangan.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita simak apa saja fungsi dari teknologi informasi ini. Secara umum ada sekitar 6 fungsi utama dari teknologi informasi ini, berikut daftarnya:

• Mengolah atau processing merupakan salah satu fungsi dari IT. Informasi yang diterima akan diolah dengan cara dikonversi, penghitungan, atau pun penggabungan dua informasi sehingga menghasilkan informasi yang baru.

• Menangkap atau capture, fungsi ini saling berhubungan. Jadi, sebelum data diolah pastinya IT akan menangkap informasi yang masuk dan akan mengkompilasi data-data secara lebih detail. Data ini bisa diterima dari keyboard, mic dan juga scanner.

• Menyimpan atau storage. Fungsi IT satu ini memang sangat membantu keseharian. Data yang masuk dan sudah mengalami proses bisa disimpan untuk keperluan lain nantinya. Semua data ini bisa disimpan di perangkat keras seperti flashdisk.

• Menghasilkan atau generating. Adalah salah satu fungsi IT yang digunakan untuk menghasilkan informasi data ke dalam bentuk yang lebih baik. Misalnya dikonversi dalam bentuk grafik, tabel, atau pun lainnya.

• Sebagai transmission atau biasa juga disebut dengan perpindahan data. IT sangat membantu dalam hal ini, karena mampu untuk melakukan pertukaran data dengan orang lain melalui beberapa media dan melalui jaringan internet.

• Mencari Kembali adalah fungsi IT yang terakhir. Sesuai dengan namanya, IT ini bisa digunakan untuk mode mencari kembali. Maksudnya adalah kamu bisa mencari data yang tiba-tiba dibutuhkan dan sudah pernah disimpan sebelumnya.

Manfaat Informasi Teknologi

Setelah mengetahui pengertian teknologi informasi dan juga fungsinya mungkin kamu sudah berpikiran bahwa TI ini sangat penting dalam kehidupan bukan?

Dan ya, memang benar IT ini sangatlah penting di era sekarang ini. Tak hanya enam fungsi utama saja yang dimiliki TI ini, masih banyak manfaat lain yang dimiliki dan sangat berguna bagi semua orang.

Manfaat pertama dari IT ialah mampu menjadi problem solving bagi kamu yang sedang mengalami masalah. Mengapa? Karena ya itu tadi, proses pertukaran informasi kamu akan lebih mudah diakses.

Kedua adalah mampu menjadi faktor pendukung seseorang dalam menumbuh kembangkan kreativitasnya. Banyaknya yang bisa dimanfaatkan membuat orang lebih open mindset dan lebih inovatif.

Berkaca dari pengertian teknologi informasi, manfaat ketiga yang bisa kita dapat adalah kamu bisa sangat lebih efisien dan efektif dalam mengerjakan sesuatu.

Misalnya saja, ada pekerjaan yang akan kamu kerjakan, jika dulunya membutuhkan waktu berminggu-minggu saat ini bisa kamu selesaikan dalam waktu satu hari saja. Sangat menguntungkan bukan?

Komponen Teknologi Informasi

Sudah jelas kan apa pengertian teknologi informasi? Pastinya saat ini kamu juga tengah memanfaatkan TI ini. Nah, untuk menambah pengetahuan, di bawah ini beberapa komponen penting yang dimiliki oleh TI yang wajib kamu ketahui sebagai pengguna:

1. Perangkat Keras

Komponen pertama dari TI itu disebut perangkat keras. Seperti namanya, komponen ini berupa perangkat fisik yang dalam penggunaanya bisa diraba atau pun disentuh secara fisik. Perangkat keras ini menjadi salah satu bagian dari sistem komputer yang melaksanakan perintah yang diintruksikan oleh perangkat lunak atau software.

Peranan hardware atau perangkat keras ini memiliki peranan penuh dalam berjalannya suatu sistem komputer. Ada beberapa bentuk dari perangkat keras ini diantaranya adalah mouse, scanner, keyboard (perangkat keras input). Selain itu terdapat juga CPU, mainboard, VGA, dan kartu suara yang biasa disebut juga dengan perangkat keras proses.

2. Perangkat Lunak

Selain perangkat keras pastinya terdapat perangkat lunak di dalamnya. Nah, pengertian teknologi informasi itu kan proses pengintegrasian data. Di sinilah perangkat lunak berfungsi, ia akan memberi instruksi ke perangkat keras untuk kemudian diproses secara lebih lanjut.

Software ini juga merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara pengguna dan hardware. Untuk software sendiri sama halnya dengan hardware terbagi menjadi 2 bagian yakni software sistem dan juga software aplikasi.

Untuk software sistem sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti windows, linux dll. Sedangkan software aplikasi contohnya seperti microsoft office, coreldraw, photoeditor, dan banyak aplikasi penunjang kreativitas lainnya.

3. Infoware

Infoware juga menjadi komponen penting dalam suatu sistem komputer. Adanya infoware ini mampu memberikan informasi kepada pengguna berupa petunjuk atau sejenisnya. Informasi yang berasal dari infoware ini sangat berguna untuk banyak bidang pekerjaan seperti perbankan, rumah sakit, pendidikan, dan juga pemerintahan dan lainnya.

Jenis komponen infoware ini bisa dilihat contohnya seperti SOP, Cyber-law, dan juga user manual. Pada dasarnya setiap komponen hadir untuk mendukung fungsi utama dari suatu perangkat. Jika ada satu yang bermasalah, maka proses dari sistem komputer itu juga akan mengalami masalah yang sama.

4. Firmware

Perangkat tegar atau disebut juga dengan perangkat terintegrasi merupakan salah satu piranti yang harus dimiliki oleh suatu sistem komputer.  

Pengertian teknologi informasi memberikan  akses informasi yang lebih baik, dan untuk  firmware ini sendiri termasuk ke dalam software, bedanya adalah firmware lebih mengacu pada sistem yang melakukan banyak proses rutin dan tersimpan dalam sebuah read of memory atau ROM.

Jika data software terletak pada bagian RAM dan dengan gampangnya terhapus atau hilang, firmware pada ROM tidaklah semudah itu dihapus, diedit atau pun dihilangkan.

Firmware atau perangkat terintegrasi ini sangatlah penting karena karena berhubungan dengan keamanan data. Oleh sebab itu, perusahaan biasanya selalu mengupdate firmware mereka untuk menghindari hal tersebut.

5. User Atau Brainware

Bagaimana mungkin sebuah alat atau sistem akan berjalan dan termanfaatkan jika tidak ada user yang melatar belakanginya. Itulah mengapa, user menjadi komponen penting dalam sebuah teknologi informasi. Mereka menjadi pembuat sekaligus pemakai dari sistem komputer yang sudah dibuat.

Berdasarkan pengertian teknologi informasi dan fungsinya, sebuah teknologi informasi itu diciptakan agar mampu menunjang aktivitas dari brainware atau user ini. Jadi, bagaimana mungkin sebuah sistem beroperasi tanpa adanya tangan user yang mengoperasikan dan mengontrol semuanya.

Baca juga: Perbandingan HP Samsung dan OPPO Smartphone yang Paling Dominan

Demikianlah beberapa ulasan tentang pengertian teknologi informasi, fungsi, manfaat, sampai pada komponennya. Sebagai pengguna yang turut merasakan manfaatnya seharusnya juga tahu seluk beluk dari teknologi informasi ini.

Kali ini mungkin cukup, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat tentang pengertian teknologi informasi dan dapat menjadi bacaan yang bermanfaat.

Written by Raisya FS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *