in

Pengertian Uang Panai yang Menjadi Tanda Penghargaan Bagi si Gadis

pengertian uang panai

Bagi suku Bugis Makassar, sulawesi selatan, ketika hendak menikahi seorang yang ada di suku Bugis menjadi hal yang perlu pertimbangan tersendiri.

Bagaimana tidak, adanya uang panai menjadikan nyali laki-laki ciut ketika hendak melamar wanita Bugis. Pengertian dari uang panai adalah bisa diibaratkan juga sebagai uang belanja bagi perempuan.

Meskipun memang pada dasarnya ketika hendak melangsungkan pernikahan memang terdapat sebuah ujian bagi kedua calon mempelai. Namun hal tersebut juga tergantung dari penilaian individu.

Yang terkadang menjadi ujian seperti halnya adat istiadat setempat yang memang harus dipenuhi. Nah, berikut ulasan mengenai uang panai yang menjadi adat istiadat suku Bugis tersebut:

Pengertian Uang Panai

Agar lebih paham mengenai apa itu uang panai, akan lebih jelas ketika kita mengetahui pengertian uang panai itu sendiri. Istilah lain seperti halnya uang panai adalah merupakan salah satu dari tradisi yang ada pada suku Bugis.

Istilah yang satu ini digunakan ketika hendak melaksanakan pernikahan dalam suku Bugis. Dengan memberikan sejumlah uang yang dipatok berdasarkan strata si perempuan dan harus disiapkan oleh si pria.

Uang panai sendiri bisa diartikan sebagai pemberian harta yang diberikan oleh si pria kepada calon wanita ketika hendak melamar. Jumlah harta yang diberikan tersebut tentunya dengan melihat kelas si wanita.

Nominal dari uang panai ini terbilang tinggi pasalnya, uang yang harus disiapkan tidak hanya seputar satu dua juta, melainkan ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Tak heran dalam pandangan masyarakat luas, adanya uang panai menjadi sebuah kontroversi dan terbilang sangat memberatkan bagi si pria. Hal tersebut tentu dikarenakan banyak faktor yang menjadikan uang panai ini terasa berat sehingga terkadang si pria tidak sanggup.

Fakta Dibalik Tradisi Uang Panai

Dari tingginya uang panai yang diberikan, memang menjadi salah satu hal yang memberatkan bagi si pria. Terlebih ketika si perempuan tidak mau untuk menurunkan uang panai yang menjadi syarat ketika hendak melamarnya. Tak heran banyak pernikahan yang gagal hanya dikarenakan uang panai ini. Dibalik itu semua, terdapat sebuah fakta seputar uang panai tersebut, diantaranya:

1. Besar Uang Panai Berdasarkan Keturunan Si Gadis

Sebagai syarat pernikahan di suku Bugis uang panai adalah yang menjadi syarat utama ketika hendak melangsungkan pernikahan, tentu hal ini menjadi wajib. Faktanya besarnya uang panai ditentukan dari bagaimana latar belakang keturunan si gadis yang hendak dilamarnya. Adanya uang panai yang tinggi ketika si gadis memiliki status pendidikan yang tinggi serta keturunan bangsawan menjadikan uang panai terbilang tinggi.

2. Mengisyaratkan Tingginya Penghargaan Wanita

Semakin tinggi uang panai yang diberikan, akan mencerminkan bahwa penghargaan kepada wanita yang dilamarnya tinggi pula. Seperti yang telah diketahui pengertian uang panai menjadi adat istiadat yang masih dijunjung di masyarakat Bugis ini.

wanita memang menjadi sosok yang pantas untuk dihargai, tak heran budaya ini masih selalu diusungnya. Terlebih ketika sang pujaan hati benar-benar telah menjadi seseorang yang terpilih.

3. Sebagai Sarana Bagi Si Pria Untuk Bekerja Keras

Ketika si pria telah mengetahui besarnya uang panai yang harus dibayarkan ketika hendak melamar si gadis, tentunya hal tersebut bisa menjadi motivasi dan dorongan untuk bekerja keras. Tingginya uang panai menjadikan seorang pria terus berusaha agar bisa memenuhi persyaratan ketika hendak melamar si gadis sesuai dari pengertian uang panai yang ada.

4. Banyak Hubungan Gagal Akibat Uang Panai

Meskipun banyak orang yang merasa tidak keberatan dengan adanya uang panai ini, namun faktanya banyak rencana pernikahan yang gagal akibat dari uang panai ini. tingginya uang panai yang diberikan menjadikan si pria keberatan dan tidak mampu membayar uang panai yang ditentukan. Hal ini berimbas pada kandasnya hubungan meski sudah sama-sama serius untuk melangkah ke jenjang serius.

5. Panaik Bisa Dinegosiasi

Pengertian uang panai adalah merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan dan bersifat keharusan. Namun faktanya meskipun uang panai terbilang tinggi, faktanya uang panai bisa dibicarakan dan didiskusikan.

Meskipun tidak selamanya berhasil, namun banyak pihak wanita yang mampu menurunkan tingginya panai dan didiskusikan secara kekeluargaan.

6. Si Pria Tidak Sembarangan Dalam Memilih Wanita

Karena tingginya uang panai yang haru diberikan, tentu hal tersebut menjadikan si pria tidak sembarangan ketika hendak mencari calon wanita untuk dipinangnya. Hal ini menjadikan perceraian di suku Bugis jarang terjadi. Kehati-hatian si pria dalam mencari sosok pendamping bisa menjadi salah satu hal positif ketika adanya tuntutan uang panai tersebut.

Dampak Dari Besarnya Uang Panai

Uang panai adalah sesuatu yang menjadikan sebuah keharusan bagi si pria untuk menyiapkan sejumlah uang ketika hendak melamar memberikan dampak tersendiri.

Tidak hanya dampak bagi si pria saja, namun juga banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Berikut ini dampak yang biasa ditimbulkan akibat dari adanya uang panai terlebih yang terlalu tinggi:

1. Terdapat Anggapan Harga Diri Wanita Serasa Direndahkan

Ketika datang seorang pria yang hendak meminang gadis namun mematok uang panai rendah tanpa melihat strata dari si wanita, hal itu membuat harga diri wanita serasa direndahkan. Terlebih ketika keluarga dari si wanita terlalu ngotot dengan nominal uang panai yang diberikan. Biasanya ketika si pria tidak sanggup membayar dan menawar besarnya uang panai, menjadikan si wanita terasa direndahkan.

2. Menjadi Perintang Antara Kelas Atas Dan Bawah

Sebagai makhluk sosial tentunya kita sadar bahwa di dunia ini tidak semua orang memiliki uang yang lebih. Dari pengertian uang panai yang telah diketahui banyak orang, mereka selalu berfikir bahwa uang panai merupakan syarat melangsungkan pernikahan yang memberatkan. Tak heran terdapat sekat antara kelas atas dan kelas bawah dalam masyarakat yang semakin jelas.

3. Terdapat Pasangan Yang Kawin Lari

Disadari atau tidak, faktanya banyak pasangan yang melakukan pernikahan kawin lari atau siri yang terjadi di suku Bugis. Bagaimana tidak, ketika dua pihak sudah benar-benar mencintai dan si pria tidak mampu untuk memberikan uang panai yang menjadi syaratnya, mereka akan melakukan berbagai macam cara.

Ketika si pria bertanggung jawab, ia akan bekerja keras agar bisa mengumpulkan uang. Demikian sebaliknya, kawin lari juga tidak bisa dipungkiri.

4. Pergeseran Budaya

Uang panai adalah salah satu adat budaya namun sepertinya uang panai itu sendiri kini mulai tergeser. Hal tersebut karena terdapat masyarakat yang mulai mengacuhkan adanya uang panai tersebut. faktanya banyak dari masyarakat Bugis yang menjadikan uang panai bukan sebagai syarat untuk budaya, namun sebagai ajang gengsi semata.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi Lengkap Dengan Fungsi, Komponen dan Manfaatnya

Pada dasarnya uang panai memiliki nilai positif yang terkandung di dalamnya. Ketika keegoisan akan uang panai dan tidak memikirkan bagaimana kondisi si pria, tentu adanya uang panai menjadi kontroversi belaka.

Meskipun adanya uang panai akan menjadi sarana memenuhi kebutuhan si wanita, namun hal tersebut hendaknya dilakukan kompromi kedua belah pihak agar sama-sama nyaman.

Written by Raisya FS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *