Perbandingan HP Samsung dan OPPO, 2 Brand Paling Berkuasa

perbandingan hp samsung dan oppo
youtube: gadgetin

Smartphone yang ada di pasaran kian hari tak terbendung. Berbagai merek ternama terus melakukan update produk dengan segala keungggulannya. Umumnya fitur yang diusung adalah performa, kamera serta daya tahan baterai.

Kali ini, kita akan mencoba melakukan perbandingan HP Samsung dan OPPO, dimana dua brand ini cukup berkuasa di pasaran smartphone. Masing – masing brand terus meluncurkan tipe terbaru dengan fitur terupdate.

Perbandingan Samsung dan OPPO dari Berbagai Aspek

Untuk melakukan perbandingan antara brand OPPO dan Samsung, rasanya kurang pas jika tidak menunjuk salah satu tipe.

Kali ini kita akan mencoba membandingkan antara Samsung Galaxy A50 dan OPPO F11. Yuk, simak apa saja keunggulan masing-masing!

OPPO dan Vivo ternyata satu induk perusahaan lho!

1. Kamera Samsung VS OPPO

Samsung Galaxy A50

perbandingan samsung dan oppo

Samsung Galaxy A50 memiliki 3 kamera belakang dengan kamera utama yang menawarkan resolusi 25MP dan memakai lensa wide.

Untuk penggunaan kamera belakang saat berfoto, hasilnya sangat baik dalam kondisi cahaya redup.

Jika menggunakan saat minim cahaya, noise masih terlihat sehingga hasil foto kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan menggunakan LED flash.

Samsung Galaxy A50 juga dilengkapi fitur night mode, dimana bisa digunakan pada malam hari atau minim cahaya.

Adanya fitur ultrawide yang diusung mampu menghasilkan foto dengan sudut pandang yang lebih luas dari sebuah objek.

Untuk kamera selfie, Samsung Galaxy A50 menawarkan resolusi 25MP, sehingga hasilnya cukup baik. Bahkan tersedia juga fitur emoji AR untuk menambah karakter saat berfoto selfie.

Pada tampilan untuk merekam video, maka pengguna bisa memakai beberapa mode yang ditawarkan seperti slow motion dan hyperlapse.

OPPO F11

OPPO F11 dibekali dengan kamera utama ganda yang memiliki resolusi 48MP dan 5MP, lensa utamanya menggunakan resolusi 48MP dan dept sensor sebagai lensa kedua.

Teknologi Tetracell ini bertugas sebagai penganalisa dalam penggabungan data dari empat piksel agar ukurannya menjadi setara piksel tunggal.

Karena ukuran piksel foto dilipatgandakan, sehingga mampu meningkatkan sensitifitas yang menghasilkan kualitas foto lebih terang. Saat pemakaian pada malam hari kamera ini minim noise.

Sementara itu, jika digunakan dalam kondisi sangat terang maka akan menangkap gambar hingga 48MP. Jika kamera digunakan dengan menggunakan zoom, hasilnya tidak pecah dan resolusi tetap besar jika memakai kamera utama.

Cobalah memakai fitur mode ultra night pada kamera OPPO F11. Dimana fitur ini bisa meningkatkan exposure pada kondisi yang sedikit cahaya. Dengan adanya fitu tersebut, foto yang ditampilkan pun jadi lebih terang dibandingkan menggunakan noise.

Cara menggunakan mode ultra night adalah dengan menekan tombol kamera dan menahan selama 4 detik. Lalu fokuslah pada objek foto dan jangan bergerak, maka hasilnya pun lebih optimal.

Sementara itu jika menggunakan mode chroma boost, foto yang dihasilkan terlihat seimbang antara warna dan exposure. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan melalui fitur kamera.

Jika digunakan untuk selfie, kamera ini dilengkapi dengan resolusi 16MP. Dengan begitu hasil dari kamera OPPO F11 sangat baik dengan LED flash. Dan sangat simpel digunakan untuk bervideo dengan kode video slow motion.

Hal inilah salah satu perbandingan Samsung dan OPPO dar segi kamera. Kualitas kamera yang dihasilkan menjadi salah satu alasan untuk bisa menggunakan smartphone dalam sehari-hari.

2. Desain

Samsung Galaxy A50 dan OPPO F11 sama – sama menggunakan material polycarbonate. Pada OPPO F11 dibalut dengan warna Jewelry White dan terkesan mewah. Ditambah dengan sentuhan gradasi antara warna putih dan biru. Sementara pada Samsung Galaxy A50 dibalut dengan warna biru yang nampak elegan.

Untuk kamera selfie juga sama – sama menggunakan water drop notch. Sedangkan layar, OPPO F1 dibekali 6,53 inci dan Samsung Galaxy A50 6,4 inci.

Sementara itu, untuk bagian belakang kamera OPPO F11 terdapat resolusi ganda hingga 48MP, 5MP, adanya LED flash dan sensor fingerprint serta logo OPPO.

Sedangkan pada Samsung, di belakang terdapat 3 kamera utama, LED flash, logo Samsung tanpa adanya fingerprint. Karena sensor fingerptint samsung Galaxy A50 ada pada layar.

Oppo F11 memiliki port micro USB 2.0. Sementara pada Samsung Galaxy A50 memakai port USB Type-C. Pada Samsung tombol sisi kanan terdapat tombol volume up and down Dan tombol power. Sementara pada sisi kirinya ada slot microSD dan SIM Card.

Sedangkan tombol power OPPO F11 ada di sisi kiri, dan tombol volume, slot MicroSD, SIM Card berada di kanan.

Itulah perbandingan Samsung dan OPPO pada segi desain dan tampilan serta fungsi – fungsi tombol. Masing – masing memiliki chiri khas yang berbeda.

3. Software dan Daya Tahan Baterai

Perbandingan Samsung dan OPPO juga terlihat pada kapasitas baterai yang ditawarkan. Pada OPPO F11 dibekali dengan baterai kapasitas 4020 mAh, sedangkan Samsung Galaxy A50 sebesar 4000 mAh.

Untuk software yang digunakan, keduanya memiliki kesamaan yaitu sistem Android 9.0 Pie. Samsung dan OPPO juga dilengkapi dengan Bixby, asisten virtual untuk membantu proses pengoperasian smartphone.

Tentu saja, kapasitas daya tahan baterai besar menjadikan HP lebih awet dan tidak sering melakukan pengisian. Hal ini juga menjadi salah satu alasan konsumen dalam membeli HP, sehingga saat membeli merek apa saja, perhitungkan juga tentang ini.

4. Layar

Komparasi Samsung dan OPPO berikutnya bisa dilihat pada layar yang ditampilkan. Pada OPPO F11 memiliki layar 6,53 inci dan menggunakan IPS LCD. Sementara Samsung Galaxy A50 hanya 6,4 inci saja.

Untuk penampilan layar, keduanya sangat baik. Namun adanya bezel layar yang tebal, menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan bermain game.

Ketajaman layar dengan resolusi tinggi yang dimiliki Samsung dan OPPO ini, menjadikan keduanya memberikan fasilitas canggih, kesan mewah dan berkualitas.

5. Hardware dan Performa

Selanjutnya kita akan melihat kualitas hardware dan performa sebagai salah satu perbandingan OPPO dan Samsung.

Dalam urusan software, OPPO F11 memakai Chipset Mediatek helio P70 dilengkapi prosesor Octa-Core serta GPU Mali-G72 MP3. Sementara itu pada Samsung Galaxy A50 menggunakan chipset Exynos 96.1, prosesor Octa-Core dan GPU Mali-G27 MP3.

Untuk kapasitas RAM, OPPO F11 dilengkapi dengan RAM 4GB dengan ROM 128GB. Pada slot MicroSD mampu menampung 256GB data yang tersimpan. Sedankang pada Samsung Galaxy A50 didukung RAM 6GB, ROM 64GB dan slot MicroSD hingga 1TB. Tawaran penyimpanan luar biasa kan?

Untuk performa keduanya, kamu bisa menjajal dalam berbagai pemakaian. Misalnya untuk bermain game, fotografi dan lainnya. Dengan begitu bisa merasakan langsung antara kedua pilihan tersebut mana yang mendukung kebutuhan.

Sebagai contoh lagi, misalnya saat digunakana bermain game serta menggunakan aplikasi online secara bersamaan. Mana HP yang kurang merespon dan mana yang tanpa hambatan.

Itulah beberapa perbandingan Samsung dan OPPO yang bisa dilihat dari beberapa aspek. Dengan melakukan komparasi ini, setidaknya kita tahu bahwa smartphone mana yang mendukung untuk kebutuhan pengguna.

Leave a Comment