Perbandingan OPPO dan Realme dari Harga hingga Spesifikasi

perbandingan oppo dan realme

Melakukan perbandingan HP OPPO dan Realme layaknya membandingkan OPPO dengan Vivo, alasannya masih memiliki induk perusahaan yang sama. Meski begitu tetap ada perbedaan dari masing-masing produk yang diusung.

OPPO, Vivo, OnePlus dan Realme merupakan brand smartphone di bawah naungan BBK Electronics, salah satu perusahaan raksasa elektronik yang berpusat di Dongguan, Tiongkok. Awal peluncurannya, Realme masih bernama Oppo Real dan menjadi perusaahaan independen pada 2018.

Baik, seperti apa perbandingan Oppo dan Realme smartphone dari beberapa sisi? Kita akan melakukan komparasi diantara tipe terbaru dari kedua brand tersebut.

Perbandingan Oppo dan Realme

Komparasi ini melibatkan tipe Oppo F17 Pro dan Realme 7 Pro, dimana secara spesifikasi yang diusung sangat mirip. Tentu saja ada beberapa perbedaan, bisa saja di ukuran piksel kamera, kapasitas baterai atau lainnya.

Harga Oppo VS Realme

Oppo F17 Pro dan Realme 7 Pro sama-sama dibanderol dengan harga 4 jutaan. Dengan harga ini bisa dibilang termasuk versi medium. Sebenarnya tidak mudah untuk menemukan harga sama dengan spesifikasi tidak jauh berbeda seperti ini.

Bagi yang terbiasa mengikuti perkembangan teknologi, terutama HP pasti sudah tahu perbandingan harga dari berbagai merek. Umumnya, konsumen mengatakan produk A murah, produk B mahal berdasarkan spesifikasi yang diusung dengan harga sekian.

Misalnya membeli dengan harga HP 4 jutaan, maka kemungkinan besar konsumen akan mempertimbangkan spesifikasi yang ada. Oleh sebab itu yang kita bandingkan dari kedua brand selain spesifikasinya tentu saja dari segi harga.

Secara garis besar, harga Oppo lebih mahal dibandingkan Realme. Alasannya sangat jelas, Realme hadir untuk pasar ­entry-level. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tipe Realme juga hadir untuk berbagai level.

Cara cepat unduh lagu menggunakan Aplikasi Download Lagu

Display

Kedua tipe ini hadir dengan tampilan menarik yang didukung dengan teknologi modern. Misalnya pada layar, baik dari Oppo ataupun Realme sama-sama menggunakan Super AMOLED. Dengan ukuran Oppo F17 6.43 inci dan Realme 7 Pro  6.4 inci.

Untuk bahan rangka juga tidak ada perbedaan, karena keduanya menggunakan plastic frame dan diperkuat dengan Gorilla Glas 3 pada bagian depan. Ada perbedaan seri saja di sisi Realme yang mengunakan Gorilla Glas 3+.

Sebagai nilai lebih dari Realme, pada tipe ini didukung dengan adanya teknologi water-repellent coating. Secara sederhana, fitur ini adalah sebagai anti air atau penolak air. Sehingga saat mendapati kondisi yang memungkinkan terkena percikan atau siraman air akan lebih aman.

Dari sisi proteksi, kedua tipe ini juga sudah didukung dengan adanya fingerprint baik under display ataupun optical. Dengan fitur ini bisa dengan mudah mematikan atau membuka ponsel hanya dengan menyentuhkan jari.

Kamera

Oppo F17

perbandingan oppo dan realme

Oppo mengusung kamera utama dengan resolusi 48 MP dan 16 MP kamera selfie. Di bagian belakang atau kamera utama terdapat 4 lensa dengan ukuran berbeda, 48 MP kamera utama, 8 MP Wide-Angle Camera dan 2 Mono Camera masing-masing 2MP.

Kamera ini tentu juga dilengkapi mode pendukung untuk menghasilkan gambar terbaik, misalnya profesional mode, panorama mode, potrait mode hingga night mode.

Salah satu yang bisa kamu gunakan untuk berselfie ria pada malam hari adalah mode Potret Malam Super. Mode ini memungkinkan selfie pada minim cahaya dengan hasil sangat jernih dengan dukungan HDR, pengenalan wajah, dan teknologi peredaman sorotan.

Dengan begitu, ukuran piksel kamera utama dengan fitur tambahan lainnya sudah sangat mendukung untuk kegiatan fotografi.

Realme 7 Pro

perbandingan oppo dan realme

Untuk Realme 7 Pro tidak tanggung-tanggung dalam memberikan ukuran piksel kamera utama. Ukuran kamera utama tersebut adalah 64 MP dan 32 MP kamera selfie. Untuk hasil gambar yang bagus, terdapat 4 buah kamera di belakang.

Secara spesifik 4 buah kamera tersebut adalah, 64 MP kamera utama, Lensa B&W ukuran penuh, lensa Ultra Wide-angle, Lensa Makro. Secara sekilas dari kejauhan 4 buah kamera ini akan terlihat 3 buah saja, karena lensa makro tidak berada di baris 3 buah kamera lainnya.

Dengan teknologi kamera yang mengusung sensor Sony IMX682 ini, kemampuan menangkap cahayanya pun lebih sempurna. Belum lagi dengan dukungan piksel 64 MP, maka dalam keadaan minim cahaya pun tetap terlihat terang.

Dari sini mulai terlihat, bahwa dengan harga yang sama, Realme 7 Pro lebih unggul dalam ukuran piksel kamera. Baik kamera utama ataupun kamera selfie terdapat selisih yang cukup signifikan.

Penguasa pasar smartphone, ini Perbandingan Samsung dan OPPO

Dapur Pacu

Pada tipe ini terdapat perbedaan yang mencolok pada sisi chipset, dimana Oppo F17 menggunakan teknologi Mediatek MT6779V Helio P95  sedangkan Realme 7 Pro dibekali Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G.

Oppo F17

oppo vs realme

Spesifikasi Oppo F17 secara rinci, tipe ini sudah menggunakan Android 10, ColorOS 7.2, chipset Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm), CPU Octa-core dan GPU PowerVR GM9446. Chipset terbaru ini mendukung untuk aktivitas berat sekalipun.

Secara spesial, Mediatek MT6779V Helio P95 ini cocok untuk penggunaan game berat karena menawarkan loading yang cepat. Terlebih lagi dengan adanya dukungan memori 8GB+128 GB, pasti lebih maksimal.

Realme 7 Pro

perbandingan oppo dan realme

Sedangkan pada sisi Realme 7 Pro, OS yang digunakan juga Android 10, Realme UI, namun perbedaan terlihat dari chipsetnya. Realme 7 Pro didukung dengan Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm).

Untuk CPU sama-sama disokong Octa-core , namun untuk GPU yang digunakan berbeda, milik Realme 7 Pro adalah Adreno 618. Chipset tipe ini dihadirkan untuk sebuah kecepatan, sehingga juga cocok untuk aktivitas berat baik bermain game atau lainnya.

Daya Tahan Baterai

Kedua tipe menawarkan baterai kapasitas besar dengan dukungan fast charging. Namun, jika dilihat dari teknologi fast charging yang diusung milik Realme lebih unggul.

Karena untuk pengisian 100 % dengan baterai kapasitas 4500 mAh membutuhkan waktu 34 menit, alasannya tidak lainadalah dukungan fast charging sebesar 65W.

Secara rinci, Oppo F17 dibenami dengan baterai kapasitas 4015 mAh, fast charging 30W. Sedangkan Realme 7 Pro berkapasitas 4500 mAh dengan dukungan fast charging 65W.

Kapasitas baterai menjadi salah satu perbandingan Oppo dan Realme yang patut dipertimbangkan. Karena untuk mendukung aktivitas berat, tentu saja teknologi ini sangatlah dibutuhkan.

Performa

Baik Oppo ataupun Realme menawarkan performa yang baik untuk penggunaan berat. Sebagai buktinya, chipset yang digunakan Oppo atau Realme sama-sama mengusung untuk sebuah kecepatan.

Belum lagi pilihan memori minimal 8GB+128GB menjadi bukti bahwa tipe ini diperuntukkan pemakaian berat. Secara performa umum, meski terdapat perbedaan chipset akan tetapi semua hadir dengan teknologi yang dibutuhkan konsumen.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, dengan harga yang tidak jauh berbeda. Realme menawarkan spesifikasi lebih daripada Oppo. Hal ini bisa dilihat perbedaan antara ukuran piksel kamera dan kapasitas baterai yang ditawarkan.

Dengan harga yang sama, konsumen akan menemukan perbedaan yang tidak jauh berbeda dengan ulasan ini karena Realme memang didesain untuk entry level. Secara kualitas tetap bisa dilihat, bahwa Realme juga menawarkan teknologi terbaru.

Leave a Comment