Perbandingan OPPO dan Vivo, Harga hingga Spesifikasi

Sebagai pengguna smartphone, pernahkah kamu melakukan perbandingan antara OPPO vs Vivo baik dari segi harga dan kualitas? Jika hanya sekilas, memang keduanya terlihat sangat mirip, terutama dari segi desain.

Jika menemukan kemiripan antara OPPO dan Vivo dari berbagai sisi itu sangatlah wajar. Karena Vivo sendiri merupakan anak perusahaan BBK Electronics, yang notabene juga induk perusahaan OPPO. Eksistensi perusahaan yang berpusat di Dongguan ini sudah tidak diragukan lagi.

Secara historis Vivo didirikan pada tahun 2009, sedangkan OPPO didirikan pada tahun 2004. Nah, jika begitu sangat menarik kan jika mencoba membandingkan antara keduanya dari sisi harga dan spesifikasi.

OPPO VS Vivo Bagus Mana?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita coba menyuguhkan beberapa fitur unggulan salah satu tipe dari kedua brand. Dari situ akan mendapatkan jawaban, mana ponsel yang terbaik sesuai kebutuhan.

Baca juga ya, perbandingan brand lainnya!

1. Oppo dan Vivo terbaru

OPPO A53 dan Vivo Y20 adalah seri terbaru dari kedua brand, bahkan bulan perilisannya pun sama-sama di bulan Agustus 2020. Keduanya menawarkan kualitas kamera dan daya tahan baterai dengan kapasitas besar.

Bahkan dari segi desain dan tampilan pun keduanya memiliki kemiripan dominan. Seandainya dicoba tidak diberi logo pada keduanya, konsumen bakal kesulitan membedakan antara OPPO A53 dan Vivo Y20, kecuali sudah hafal dengan warna dan corak khas masing-masing merek.

2. Harga OPPO VS Vivo

Pada perbandingan OPPO VS Vivo kali ini dari segi harga tidak jauh berbeda, kedua seri terbaru ini dibandrol dengan harga kurang lebih 2 jutaan. Dengan spesifikasi yang akan didapatkan, maka pengguna mendapatkan smartphone terbaik dari sisi kamera dan daya tahan baterai.

Menggenggam OPPO A53 dan Vivo Y20, pengguna akan merasakan perpaduan kecanggihan teknologi yang dibalut komponen mewah. Ibarat mengendarai sebuah kendaraan, rasa-rasanya seperti naik versi mewah.

3. Perbandingan Kamera OPPO dan Vivo

Dalam melakukan komparasi HP, sisi ini yang paling menarik. Karena selain performa dan daya tahan, kamera adalah salah satu alasan konsumen membeli smartphone. Lantas apa saja yang ditawarkan OPPO dan Vivo dengan harga 2 jutaan ini?

OPPO A53

perbandingan kamera oppo dan vivo

Pada OPPO A53, kamera utama yang dimiliki adalah 13 MP yang didukung fitur LED Flash, HDR dan panorama. Untuk kegiatan fotografi sehari-hari sudah cukup mendukung. Namun, ada kelebihan yang akan didapatkan pengguna pada kamera selfie.

Bagaimana tidak, karena kamera selfie yang ditawarkan OPPO A53 adalah 16 MP, lebih besar daripada kamera utama. Hal ini tentu bukan tanpa dasar, karena pada seri terbaru ini pabrikan memang mengunggulkan fitur kamera selfie.

Pada kamera utama juga ditunjang dengan 3 lensa yang berada di belakang, masing-masing lensa memiliki fungsi tersendiri. Kamera utama 13MP, kamera potrait 2MP dan lensa makro 2MP. Tanpa keahlian fotografi pun, pengguna bisa menghasilkan gambar terbaiknya.

Vivo Y20

perbadningan oppo dan vivo

Untuk Vivo Y20 kamera utama memiliki ukuran yang sama dengan OPPO A53, yaitu 13 MP dan didukung fitur LED flash dan HDR, tanpa panorama. Sehingga terdapat perbedaan sedikit dari sisi fitur tambahan.

Kemudian untuk kamera selfie yang ditawarkan adalah 8MP, juga mendukung wide. Jika dibandingkan dengan OPPO A53, berarti resolusi yang dimiliki Vivo Y20 adalah setengahnya. Dari sini sudah mulai terlihat bahwa, dari sisi kamera terdapat perbedaan resolusi.

Untuk jumlah kamera Vivo dibekali dengan AI Triple Macro Camera, dengan fungsi kamera utama 13 MP, super bokeh kamera 2 MP dan super macro kamera 2MP. Super Bokeh Camera ini mampu memberikan hasil foto yang halus dan kualitas tinggi.

Sementara dengan menggunakan Super Macro Camera, pengguna bisa hunting foto berbagai objek dengan fokus 4cm. Itulah beberapa perbandingan OPPO dan Xiaomi dari segi kamera, tidak ada hal yang menonjol. Perbedaan hanya terjadi dari besaran resolusi yang ditawarkan.

4. Dapur Pacu

perbandingan oppo dan vivo
Snapdragon 460

Untuk prosesor dari kedua tipe sama-sama menggunakan chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460. Bahkan dari CPU dan GPU juga sama persis menggunakan Octa-core dan Adreno 610. Snapdragon 460 adalah versi terbaru untuk ponsel kelas menengah yang dirancang untuk sebuah kecepatan.

Kenapa saat ini prosesor juga menjadi hal penting untuk diketahui saat akan membeli HP? Hal ini menjadi penting karena bisa mengetahui spesifikasi ponsel yang dibutuhkan. Karena dengan kualitas prosesor semakin bagus, maka pemakaian berat pun tetap mendukung.

Kemudian untuk mendukung performa kedua tipe, hanya terdapat perbedaan pilihan RAM dan ROM. OPPO A53 menawarkan pilihan RAM dan ROM 4GB+64GB dan 6GB+128GB, sedangkan Vivo Y20 hanya tersedia 4GB+64GB.

5. Desain

Secara tampilan, kedua ponsel ini terlihat mencolok dengan adanya gradasi warna dan cahaya. Sehingga terkesan mewah dan elegan. Untuk ukuran layar hanya terdapat sedikit perbedaan, OPPO A53 6.5 inci sedangkan Vivo Y20 6.51 inci, perbedaan tidak berarti.

Untuk layar tersebut sama-sama menggunakan teknologi IPS LCD dengan resolusi mirip. Dari sisi proteksi, OPPO A53 dilengkapi Gorilla Glass 3, sedangkan Vivo Y20 belum didukung dengan fitur ini.

Perbedaan juga terjadi pada perangkat speaker stereo, karena OPPO A53 sudah dibekali dengan Loudspeaker 3.5 jack dan ini tidak didapatkan di Vivo Y20. Adapun untuk fitur fingerprint, keduanya sudah menggunakannya.       

6. Daya Tahan Baterai

Dari sisi daya tahan, kedua tipe terbaru ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh didukung dengan fast charging 18W. Ini sangat cocok bagi pengguna yang suka bermain ponsel dengan jangka waktu panjang.

Selain awet, dalam pengisiannya pun cepat. Teknologi terbaru dari banyak pabrikan sudah tidak lepas dengan dukungan ini. Mengingat, untuk mendukung konsumen yang memanfaatkan ponsel untuk gaming, fitur ini sangatlah penting.

7. Performa

Dari beberapa dukungan teknologi di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa kedua tipe ini mendukung untuk pemakaian dengan daya tahan baterai awet, kamera yang bagus dan kecepatan. Belum lagi beberapa fitur tambahan yang khusus dihadirkan. Apa saja tambahan tersebut?

Misalnya pada OPPO A53 yang terdapat Super Power Saving Mode dan Sleep Standby Optimization. Kedua fitur ini akan memberikan nilai lebih dari sisi daya tahan agar tetap bisa dipakai pada waktu penting.

Sedangkan pada Vivo Y20 terdapat fitur Multi-turbo 3.0, sistem ini membantu sistem utama dalam memprediksi ganggunan yang terjadi, biasanya disebabkan pihak ketiga. Sehingga jaringan berjalan lebih baik dan pendinginan lebih cepat.

8. Kesimpulan  

Dari sini sudah jelas kan kenapa Oppo dan vivo terlihat mirip dari berbagai sisi? tentu saja salah satu faktornya adalah memiliki induk perusahaan yang sama, sehingga teknologi yang digunakan tentu tidak jauh berbeda.

Itulah sekilas perbandingan OPPO dan Vivo dari berbagai sisi. Untuk pertanyaan bagus mana diantara keduanya, kembali pada selera setiap pengguna ponsel pintar sendiri.

Karena sedikit saja ada perbendaan, biasanya konsumen tahu harus memilih yang mana, dan hal ini bukan saja dari perbandingan harga saja.

Leave a Comment