Perbandingan Samsung dan Xiaomi, Harga Terlihat Mencolok

perbandingan samsung dan xiaomi
Xiaomi Note 7

Melakukan perbandingan HP Samsung dan Xiaomi tentu cukup menarik. Dimana saat ini Xiaomi menjadi salah satu brand ponsel yang berkembang dengan cepat. Hal tersebut tidak lain karena segi harga yang terbilang ekonomis, namun mampu memberikan kualitas yang mumpuni.

Bahkan, ada beberapa tipe Xiaomi yang dijual secara flash sale dengan harga di bawah pasaran ludes terjual dengan waktu tidak lama. Sedangkan Samsung, meskipun mendapatkan tantangan dari brand pendatang baru termasuk Xiaomi, tapi tidak gentar begitu saja, pabrikan terus melakukan inovasi.

Lantas sebenarnya untung mana beli Samsung atau Xiaomi sih? Jika berbicara pemakaian smartphone, bukan masalah untung atau rugi. Karena masing-masing menawarkan kualitas unggulan, sehingga pengguna berhak menentukan ponsel mana yang dipilih.

Baca juga yuk perbandingan brand lainnya!

Samsung VS Xiaomi Bagus Mana?

Untuk mengetahui perbandingan HP Samsung dan Xiaomi, sebaiknya simak ulasan berikut ini. Kita akan mencoba melakukan perbandingan Xiaomi Note 7 dan Samsung Galaxy A20, secara harga dan spesifikasi bisa dikatakan setara.

1. Harga

Secara umum, perbandingan HP Samsung dan Xiaomi dari segi harga sangatlah terasa. Dimana dengan mengeluarkan budget setara, spesifikasi yang akan didapatkan cukup jauh, misalnya saja dari segi kamera.

Tapi kali ini tipe yang dibandingkan tidak jauh berbeda dari segi harga. Yang mana Xiami Note 7 dan Samsung Galaxy A20 memiliki harga setara di bawah 2 juta.

Untuk membandingkan bisa sesuai seperti ini tidak mudah, karena umumnya Xiaomi menawarkan harga murah dengan spesifikasi di atas ponsel lain. Jadi, secara umum harga Xiaomi memang di bawah Harga HP Samsung.

2. Hasil Kamera Xiaomi vs Samsung

Xiaomi Redmi Note 7

samsung vs xiaomi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kamera dengan piksel yang tinggi mampu menghasilkan gambar yang jelas dan jernih. Hal ini dibuktikan oleh Xiaomi Note 7 yang menawarkan kamera sebesar 48 MP.

Dengan menggunakan kamera ini, pengguna juga bisa melakukan foto dengan objek yang luas, bisa melakukan crop dan melakukan foto pada malam hari dengan kualitas yang baik. Bahkan, gambar yang dihasilkan pada malam hari pun memiliki kualitas tajam.

Beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan adalah AI Beautify, AI Pengenalan wajah, Mode potrait Ai hingga kamera selfie 13 MP. Dengan piksel sebesar ini, hasil foto selfie benar-benar tajam dan semakin menambah percaya diri.

Samsung Galaxy A20

perbandingan samsung dan xiaomi

Samsung Galaxy A20 memiliki kamera utama dengan resolusi 13 MP dan kamera selfie 8 MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan LED flash, panorama hingga HDR. Dengan begitu, untuk kegiatan fotografi sudah sangat mendukung.

Dari komponen kamera kedua tipe sudah mulai terlihat, dengan harga setara dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda, Xiaomi lebih unggul dalam menawarkan resolusi. Meski demikian, tidak serta merta kualitas kamera Samsung lebih rendah.

Perbandingan mencolok antara Samsung VS Xiaomi ini akan ditemui dalam setiap tipe. Jadi, jika kalian menginginkan kualitas kamera resolusi besar dengan budget sama, maka kemungkinan besar akan ditemui pada produk Xiaomi.

3. Dapur Pacu

samsung vs xiaomi

Kedua tipe ini sama-sama menggunakan sistem operasi Android 10, One UI 2. Versi terbaru ini mengalami upgrade yang sebelumnya, Xiaomi Note 7 Menggunakan Android 0.9 (Pie), begitu juga untuk Samsung Galaxy S20.

Sedangkan perbedaan selanjutnya juga terlihat dari chipset yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa Samsung memiliki tekonologi khusus, dalam hal ini A20 menggunakan Exynos 7884 dan Xiaomi Note 7 dibekali Qualcomm SDM660 Snapdragon 660.

Jika dibandingkan dari keduanya, maka sama-sama memiliki komponen yang bagus di kelasnya. Untuk CPU pun keduanya juga menggunakan teknologi Octa-Core.

Dari segi kapasitas penyimpanan terdapat perbedaan cukup mencolok, dimana Samsung Note 7 memiliki RAM  3GB dan ROM 32GB, sedangkan Xiaomi  terdapat pilihan RAM dan ROM 3GB+32GB, 4GB+64GB, 6GB+64GB dan 4GB+128GB.

4. Tampilan

Perbandingan Samsung VS Xiaomi juga terlihat dalam ukuran layar ponsel, dimana Xiaomi Note 7 berukuran 6.3 inci sedangkang Samsung A20 sebesar 6.4 inci.

Keduanya juga didukung dengan teknologi pelindung kaca Gorilla Glass, hanya beda versi. Gorilla Glass 5 untuk Xiaomi dan Gorilla Glass 3 untuk Samsung. Selain itu, tipe ini juga dilengkapi fitur fingerprint untuk sisi keamanan.

Desain dan perpaduan warna, sekilas Xiaomi menawarkan sisi elegan dan Samsung nampak eksekutif. Untuk perbandingan tampilan, seharusnya bukan faktor utama dalam memilih sebuah smartphone, utamakan performa. Iya kan?

5. Daya Tahan Baterai

Tidak ada perbedaan dalam kapasitas daya tahan baterai dari kedua tipe, semuanya ditanamkan baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Sehingga, untuk penggunaan harian sudah cukup dalam satu pengisian.

Untuk teknologi pengisian, sama-sama sudah mendukung fast charging. Namun untuk ukurannya berbeda, Xiaomi didukung fast charging 18 W dan quick charge 4, sedangkan Samsung hanya fast charging 13.

6. Performa

Karena memiliki kemiripan dalam komponen yang ditawarkan, maka secara performa keduanya tidaklah jauh berbeda. Kecuali dari segi kamera, karena perbedaan resolusinya cukup besar. Sebagai entry-level smartphone, Samsung VS Xiaomi dalam tipe ini bisa dijadikan pilihan untuk pemakaian harian.

7. Kenapa Xiaomi Murah dan Samsung Mahal?

Nah, untuk pertanyaan ini terdapat informasi bahwa dalam penjualan, Xiaomi lebih berfokus pada online, sehingga budget untuk promosi bisa lebih diminimalisir. Secara otomatis, maka harga jual produk pun bisa lebih murah.

Dan dalam hal ini, bukan saja terjadi di Indonesia saja,  hampir berlaku secara global. Dilansir dari rediff.com, bahwa Xiaomi merupakan merek smartphone terbesar ketiga di 30 kota teratas India.

Ini menjadi bukti bahwa Xiaomi memang menerapkan strategi khusus dalam meracik harga, pemasaran dan kualitas.

8. Kesimpulan Samsung VS Xiaomi

Perbandingan HP Samsung dan Xiaomi ini, bukan menjadi sebuah acuan dalam menentukan keputusan. Pengguna berhak memilih brand mana yang bagus sesuai pilihan masing-masing.

Hanya saja, dari sini kita bisa melihat dengan bgudget yang sama kualitas yang didapat dari setiap brand tetaplah berbeda. Sehingga bisa memutuskan akan memakai brand yang man.

Leave a Comment