Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Perkembangan teknologi yang begitu cepat sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Dalam sejarah perkembangan teknologi komunikasi sangat terlihat bagaimana pembaruan di dunia teknologi secara umum berpengaruh sangat besar terhadap cara orang berkomunikasi.

Siapa yang menyangka dalam waktu kurang dari dua dekade, cara berkomunikasi masyarakat menjadi sangat berbeda. Dua dekade lalu orang masih mengandalkan telepon dan tidak memungkinkan mengirim gambar.

Saat ini audio video sudah sangat mudah dan cepat dikirimkan. Menarik untuk menyimak sejarah perkembangan teknologi komunikasi di bawah ini.

1. Masa Pra Sejarah

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi manusia tidak bisa dilepaskan dari bagaimana manusia mengembangkan kemampuan komunikasinya.

Pada masa pra sejarah, komunikasi manusia awalnya hanya dilakukan melalui verbal dan gerakan tubuh. Lama kelamaan manusia purba mengembangkan cara berkomunkasi melalui gambar-gambar.

Lukisan mengenai kisah berburu atau pun kisah kejadian-kejadian alam banyak ditemui di gua-gua yang dahulu ditinggali manusia purba. Dari penggunaan alat-alat untuk menggambar di dinding-dinding gua inilah sejarah perkembangan teknologi komunikasi dimulai.

2. Menggunakan Media Tulis

Saat perkembangan peradaban manusia, perkembangan teknologi komunikasi juga berkembang. Manusia mulai membentuk media-media menggunakan batu yang diratakan atau tanah lempung yang dicetak atau dibentuk lalu dijadikan prasasti.

Selain itu yang tertulis tidak lagi berupa gambar seperti sebelumnya. Manusia mengembangkan simbol-simbol yang mewakili suara vokal, yang dikenal sekarang sebagai huruf . Dengan simbol-simbol huruf abjad tersebut mereka menulis di media prasasti tersebut.

Dalam perkembangan muncul media-media lain seperti kulit binatang, pelepah daun dan lainnya. Cara mengirimkannya selain dikirim oleh kurir manusia juga berkembang pengiriman menggunakan merpati pos.

Perkembangan berikutnya manusia menemukan kertas. Di Mesir kuno orang-orangnya menggunakan papyrus yaitu sejenis kertas yang terbuat dari tanaman yang banyak tumbuh di sungai nil.

Penggunaannya menyebar ke seluruh penjuru mulai timur tengah hingga ke eropa. Namun karena pembuatannya mahal papyrus masih sangat terbatas.

Penggunaan kertas secara lebih murah dikenal di Cina yang menggunakan bambu, juga ditemukan dari kayu yang dipakai hingga sekarang.

Penggunaan kertas dari kayu menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia setelah teknologi Cina ini disebarkan oleh dinasti Abbasiyah ke seluruh penjuru kekuasaannya pada abad ke-12.

3. Menggunakan Media Tercetak

Pada tahun 1455 di negeri Jerman seorang bernama Johann Gutenberg berhasil menciptakan mesin cetak untuk pertama kalinya. Mesin cetak pertama ini terbentuk dari sebuah plat yang terbuat dari besi dan dapat membentuk cetakan huruf.

Cetakan ini dalam perkembangannya memunculkan mesin ketik, serta mesin cetak masal yang mendorong munculnya media seperti koran dan majalah.

4. Telegraf dan Sandi Morse

Teknologi listrik berkembang mempengaruhi sejarah perkembangan teknologi komunikasi. Samuel Morse, Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone pada 1837 mengembangkan cara mengirim informasi memanfaatkan denyut listrik yang kita kenal dengan telegraf.

Pesan dikirimkan dengan kombinasi denyut listrik. Setiap huruf diberi kode kombinasi antara pendek dan panjang, yang kemudian kode tersebut dikenal dengan kode morse (sandi morse).

Dengan kombinasi kode tersebut mereka berhasil mengirimkan pesan lengkap menggunakan denyut listrik tersebut.

5. Komunikasi Telefon

Perkembangan telegraf dalam sejarah perkembangan teknologi komunikasi menghadirkan telepon. Pada 1871 sebenarnya Antonio Meucci telah berhasil mengembangkan sound telegraf yang berupa telegraf dengan bunyi suara manusia.

Namun baru pada 1877, Alexander Graham Bell melalui perusahaannya mengembangkan telepon dalam produksi masal.

Telepon saat itu adalah telegraf dengan suara manusia yang dihubungkan dengan menggunakan kabel. Dengan telepon manusia dapat berkomunikasi dari rumah kerumah secara langsung dengan berkembangnya sistem nomor telepon.

6. Komunikasi Melalui Gelombang Radio

Kelemahan telegraf adalah penggunaan kabel yang menjadikannya cukup sulit untuk instalasi.

Perkembangannya 1896 seorang italia Guglieno Marconi berhasil mengembangkan telegraf nirkabel, yang di kemudian hari kita kenal dengan radio. Pada awalnya hanya untuk mengirimkan sandi morse dalam keperluan militer.

Siaran suara manusia pertama adalah pada 23 Desember 1900 oleh orang bernama Reginald Aubrey Fessenden dari Cobb Island ke Arlington di Virginia AS, jaraknya kira-kira 50 mil. Dari sana mulai berkembang penggunaannya sebagai media komunikasi dan hiburan publik.

7. Siaran Gambar Bergerak Dengan Televisi

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi juga harus membahas bagaimana perkembangan komunikasi gambar bergerak. Sejak ditemukannya film pertama 1861 memungkinkan masyarakat menikmati gambar bergerak melalui teater/bioskop.

Dalam perkembangannya gambar-gambar tersebut ingin disiarkan secara masal layaknya suara yang disiarkan dengan radio.

Setelah berbagai upaya teknisi mengupayakan pengiriman dan menampilkan gambar bergerak dengan berbagai cara, John Logie Baird pada 1926 berhasil mengembangkan menampilkan bayangan, pada 1927 menampilkan gambar 30 baris. Terus dikembangkan hingga 1928 menjadi televisi yang dijual secara masal.

Televisi bersama dengan radio menjadi media penyiaran utama dalam menyerbarluaskan informasi kepada khalayak. Berita dari penjuru dunia dapat diinformasikan melalui kedua media tersebut.

8. Perkembangan Satelit

Dalam sejarah perkembangan teknologi komunikasi era satelit dimulai dari tahun 1965, di mana saat itu satelit Intelsat I berhasil diluncurkan. Satelit ini menghubungkan jaringan televisi komersial antara Amerika dan Eropa.

Disusul lagi diluncurkan Intelsat II pada 1967, yang mengitari diatas samudra Pasifik dan Atlantik. Pada 1969, Intelsat III diluncurkan sehingga satelit benar-benar mencakup seluruh dunia.

Saat itu menandai era komunikasi satelit. Sehingga menjadikan informasi berita dari jarak yang sangat jauh mampu ditangkap dengan sangat baik.

9. Komunikasi Era Internet

Sejarah perkembangan teknologi komunikasi saat ini tidak bisa dilepaskan dari era digital. Era digital ini disokong oleh dua perkembangan teknologi yaitu ditemukannya komputer dan dikembangkannya jaringan internet.

Komputer berawal pada 1930an saat Vannevar Bush, seorang insinyur Amerika mengembangkan komputer analog untuk menghitung menyelesaikan soal pertahanan udara dalam perang.

Pada 1946 di Universitas Pennsylvania AS, para ilmuwan mengembangkan komputer digital pertama yang diberi nama ENIAC. Namun ENIAC bobotnya mencapai 30 ton.

Berkembangnya teknologi transistor memungkinkan komputer lebih kecil dan ringan. Diawali tahun 1970an perusahaan Intel  menciptakan microprosesor pertama kali. Lalu berkembanglah beberapa perusahaan yang memproduksi personal komputer, seperti MITS, Radio Shack, Apple dan lainnya.

Berikutnya berkembang jaringan diantara komputer yang menjadi cikal bakal internet.  Tahun 1960an, di AS dikembangkan jaringan ARPANET sebagai komunikasi antar komputer di beberapa universitas. ARPANET berlanjut bergabungnya universitas di Inggrisa dan Norwegia.

Berkembangklah berbagai protokol sistem menghubungkannya seperti transmission Control Protocol (TCP)/Internet Protocol (IP). Hingga pada 1980an komputer personal mewabah, sehingga ARPANET begitu banyak yang terhubung.

Sejak saat itu dikenal istilah internet sebagai jaringan universal. Berkembang pula sistem mengirim pesan melalui surat elektronik (e-mail) dan mailing list.

Perkembangan Teknologi Jaringan

Sejak merebaknya internet sejarah perkembangan teknologi komunikasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi jaringan. Sebab perkembangan di teknologi jaringan memungkinkan komunikasi semakin mudah.

Baca juga: Cari HP Murah Spek Tinggi? Sip Ini Daftarnya

Pada 1980 saat teknologi masih analog teknologi jaringan dikenal denga era 1G (Generasi 1). Saat mulai berkembang telepon genggam dan SMS teknologi digunakan adalah 2G, memungkinkan mengirimkan pesan tertulis (SMS) dan suara.

Saat semakin canggih teknologi 3G memungkinkan mengirim pesan gambar dan video. Demikian pula perkembangan berikutnya 4G dan 5G akan lebih besar lagi. Membuat layanan streaming video dan video call memungkinkan dilakukan dengan lancar.

Itulah sejarah perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman pra sejarah, hingga era digital saat ini. Sesungguhnya cara manusia berkomunikasi telah maju sangat pesat. Tidak salah bila saat ini disebut dengan era informasi, akibat pesatnya teknologi komunikasi.

Leave a Comment