cara jualan online

Tips dan Cara Jualan Online Agar Mendatangkan Keuntungan

cara jualan online
Jual Beli Melalui Online

Di era modern seperti sekarang ini banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang secara online. Berbagai platform bermunculan dengan  beragam fitur yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Lantas seperti apa tips dan cara jualan online agar menghasilkan untung.

Sebenarnya, sistem jual beli secara online sudah banyak dilakukan di berbagai negara maju. Namun untuk di Indonesia gaungnya baru terasa akhir-akhir ini. Meski demikian, tanggapan positif sangat terlihat oleh masyarakat. Bukan saja anak-anak muda yang menggelutinya, ema-emak pun sangat agresif menggeluti jualan online.

Sejarah Perkembangan Jualan Online Serta Pengaruhnya di Indonesia

Sistem jual beli secara online di Indonesia bisa dilihat sekitar tahun 1999, dimana pada tahun tersebut sosok pemuda bernama Andrew Darwis mendirikan platform bernama Kaskus. Hingga saat ini keberadaan Kaskus masih eksis dan memiliki pengguna loyal tersendiri meski bermunculan platform yang lebih modern.

Melihat tanggapan masyarakat Indonesia yang responsif, pemerintah mengeluarkan UU E-Comerce yang mengatur seputar jual beli secara online. Setelah itu pun, banyak bermunculan platform, lapak jual beli online dengan ciri khasnya tersendiri. Sebut saja, Tokopedia, Shoope, Blibli dan lain sebagainya.

Selain lapak khusus jual beli secara online, sebenarnya masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp. Dan benar saja, beberapa contoh media sosial yang disebutkan tersebut sekarang bisa digunakan dan dimaksimalkan untuk berjualan online, bahkan tidak sedikit yang sukses secara finansial.

Tips dan Contoh yang Bisa Dipraktikkan

Banyak cara dan tempat yang bisa digunakan untuk berjualan secara online. Selain platform khusus jual beli, beberapa sosial media telah berinovasi menjadi sarana transaksi online yang mudah digunakan. Apa saja cara atau ide yang bisa kita tirukan, berikut pembahasannya.

Cara Jualan Online di FB

Cara Jualan Online di FB : facebook.com

Bagaimana cara memaksimalkan sosial media facebook menjadi ladang penghasil uang? Mungkin menjadi pertanyaan yang masuk akal. Umumnya sosial media hadir sebagai sarana menambah pertemanan, namun kini platform tersebut berevolusi menjadi multifungsi. Berikut cara memaksimalkan faceebook untuk jualan online.

1. Membuat Akun Facebook

Untuk bisa melakukan aktifitas berjualan di facebook maka langkah pertama, kalian harus membuat akun terlebih dahulu. Sangat disarankan mendaftarkan ID menggunakan email dan password pribadi agar akun menjadi lebih aman. Apalagi diperuntukkan untuk transaksi jual beli

2. Atur Nama Pengguna

Apabila telah berhasil membuat akun maka langkah selanjutnya adalah mengatur nama pengguna. Sangat disarankan agar tidak menuliskan rangkaian nama alay. Contoh nama yang baik untuk akun jualan online di facebook seperti. “Junny Shop”, “Dapur Hasnut” dan lain sebagainya. Bangun branding yang mencerminkan produk yang akan dijual.

3. Masuk ke Laman Marketplace

Selain mengatur nama akun calon penjual online di facebook terlebih dahulu harus masuk ke menu “marketplace”. Letaknya ada di bagian atas menu bersimbol rumah 1 pintu mirip tenda. Klik dan tunggu beberapa saat sampai facebook menampilkan laman baru.

4. Isi Form Penjualan

Ketika tampilan facebook sudah menunjukkan halaman baru dan mengklik menu “marketplace”, langkah selanjutnya adalah mengisi daftar dagangan. Pada bagian ini calon penjual akan diminta mengisi setiap kolom sesuai dengan perintah, diantaranya nama produk, harga, foto beserta detailnya.

5. Apabila ingin menjual produk, klik “Jual”

Kemudian jangan lupa mencantumkan detail lokasi yang menunjukkan letak barang tersebut tersedia. Hal ini dapat memudahkan pembeli mengenal dan melakukan survey apakah lapak jualan online itu terpercaya atau tidak. Selain itu, pencantuman alamat bisa membantu menjangkau calon pelanggan lebih banyak. Selanjutnya, jangan lupa klik “Jual” untuk memposting.

Itulah cara jualan online di facebook (fb) yang bisa dicoba. Apabila tidak ingin menampilkan nominal harga agar pembeli tertarik, maka klik “Hubungi Penjual” di bawah kolom “Harga”. Selain itu juga jangan lupa menandai status ketersediaan barang.

Cara Jualan Online di Shoope

Cara Jualan di Shoope : shoope.co.id

Shoope menjadi salah satu platform jual beli online yang perkembangannya cukup cepat. Sebenarnya banyak platform yang bisa dimanfaatkan sebut saja, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, JD.id, Zalora dan lain sebagainya. Untuk sekedar inspirasi, simak contoh cara jualan online di Shoope berikut.

1. Membuat Akun

Langkah pertama untuk bisa berjualan di Shoope tentu adalah memiliki akun itu sendiri. Proses pendaftaran ini cukup mudah, hanya memerlukan beberapa menit saja. Yang tidak kalah penting, sebelum mendaftar pastikan nomor yang akan digunakan merupakan nomor dan email aktif.

2. Lengkapi Profil

Setelah proses pendaftaran selesai langkah selanjutnya adalah melengkapi profil toko lewat seller centre atau aplikasi Shopee. Jika sebagai pendatang baru, sebaiknya menggunakan nama toko atau brand yang mudah diingat dan didesain sedemikian rupa agar mudah dikenali.

3. Tentukan dan Upload Produk

Untuk pemula sebaiknya sebelum menentukan barang apa yang akan dijual baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Bisa jadi penjual tergiur dengan toko lain yang sudah lama dengan order melimpah. Namun, sebagai penjual baru harus tahu seluk beluknya terlebih dahulu.

Ibarat toko besar, tentu banyak faktor yang menjadikan mereka seperti itu. Fokus dengan produk sendiri dan dikembangkan. Lengkapi dengan foto terbaik dan deskripsi yang tidak bertele-tele. Dan yang lebih penting memastikan produk yang diupload bukan produk yang dilarang Shoope.

4. Lakukan Promosi

Setelah selesai membuat postingan barang yang akan dijual, bukan berarti berhenti disitu. Toko di Shoope layaknya sebuah toko offline, penjual harus aktif memasarkan toko dan dagangannya agar mudah dikenal dan konsisten mendapatkan orderan.

5. Terus Berinovasi

Untuk menjaga keberlangsungan jual beli, harus selalu mencari informasi atau strategi supaya jualan di Shoope bisa berkembang. Salah satu contohnya, apabila toko sudah ramai dan terkenal. Bisa membukan toko lain, dengan konsep serupa bisa dengan barang yang sama atau barang lain

Contoh Jualan Online Baju

Apabila menyukai dunia fashion, tidak ada salahnya mencoba peruntungan baru dengan berbisnis pakaian. Salurkan berbagai pengetahuan di bidang fashion tersebut agar bisa memikat perhatian pembeli dari berbagai daerah.

Sekalipun memulainya memang tidak mudah, namun ulasan ini memberikan gambaran tentang cara jualan online baju dengan mudah. Pastikan menerapkannya dengan benar agar barang dagangan semakin laris terjual dan tidak mengalami kerugian, berikut diantaranya:

1. Tetapkan Kategori Baju yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang penjual baju online adalah menentukan jenis pakaiannya. Misalnya, khusus wanita, pria, anak-anak atau remaja. Upaya tersebut nantinya bisa mempermudah pembeli mencari dan menemukan baju yang akan dibeli.

2. Jual Baju dengan Bahan yang Berkualitas

Setelah menentukan jenisnya maka langkah selanjutnya yakni memilih pakaian yang terbuat dari kain berkualitas mumpuni. Apabila hal ini diabaikan maka nantinya bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan pembeli.

3. Menjalin Relasi dengan Konveksi

Apabila ingin meningkatkan produktivitas penjualan maka cara yang bisa ditempuh yakni menjalin relasi bersama konveksi tertentu. Mengingat pihak konveksi selalu memberikan harga murah apabila pemesan menjahit dalam jumlah banyak, sehingga nantinya penjual berpeluang mendapatkan laba tinggi.

4. Gencar Promosi di Berbagai Kanal Online

Menjual baju menggunakan sistem online memang tidak mudah, tetapi jika dilakukan dengan cara yang benar bisa berpeluang sukses. Cara rahasia agar pelanggan terpikat membeli baju melalui online adalah penjual harus sesering mungkin mempromosikan dagangannya di berbagai sosial media.

5. Melayani Pelanggan dengan Fast Respon

Mengingat menjual baju melalui sistem online berpotensi besar mendapat komplain dari pelanggan, sebaiknya jangan sesekali lamban dalam merespon pelanggan. Sebagai penjual yang baik selalu melayani berbagai keluhan pelanggan, misalnya ukuran kurang cocok atau warna yang tidak sesuai.

Sekelumit cara jualan online di atas pada dasarnya bisa diterapkan untuk berbagai produk, namun lebih spesifik untuk baju. Sediakan budget lebih guna mengatasi apabila terjadi retur akibat adanya barang yang rusak atau mengalami kesalahan jahitan.

Baca juga: Panduan Mengurus Paspor Lengkap

Tips Jualan Online Agar Laris

Dalam menjalani aktifitas berdagang tentu harapan utamanya adalah mendatangkan keuntungan. Apa jadinya, jika sudah menguras banyak tenaga, pikiran dan modal nyang didapatkan bukannya keuntungan tapi kerugian, atau setidaknya hanya jalan di tempat. Tentu mengurangi semangat berbisnis. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut berikut tips simpel yang bisa dipraktikkan.

1. Selalu Update Barang yang Sedang Viral atau Booming

Jika ingin menjadi penjual online yang laris maka terlebih dahulu lakukan peninjauan produk yang saat ini sedang viral. Sebagaimana kata lain menyebutkan, jual barang sesuai dengan banyaknya peminat masyarakat.

2. Mencari Grosir dengan Kualitas Barang Bagus dan Harga Murah

Apabila ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak jangan menaikkan harga sesuka hati, sebaiknya carilah agen maupun grosir yang menyediakan barang dalam jumlah banyak dan harga murah. Dengan begitu untuk yang didapatkan tetap sesuai harapan tanpa menaikkan harga yang berlebihan.

3. Hindari Menjual Barang Cacat

Selalu utamakan kualitas produk yang dijual. Karena jika pembeli merasa cocok dengan pelayanan dan kualitas barang yang dijual, tentu akan melakukan repeat order di lain waktu. Sebaliknya, sekali mengecewakan pelanggan terlebih dengan barang yang cacat, pasti sangat mengecewakan bahkan bisa diklaim sebagai penipu.

4. Sertakan Nomor Telepon Aktif 24 Jam

Mengingat penjual online hanya bisa berinteraksi melalui media komunikasi elektronik, sebaiknya cantumkan nomor telepon aktif. Hal ini nantinya bisa memudahkan para pelanggan dalam bertanya-tanya seputar produk dan membelinya.

5. Jangan Ragu Memberikan Diskon

Langkah terakhir untuk memanjakan pembeli adalah memberikan diskon yang menarik. Terlepas dengan  jenis diskon seperti apa yang diberikan, cara ini akan semakin meningkatkan daya tarik untuk membeli produk yang dijual. Selain pelayanan, kualitas barang langkah ini tentu tidak bisa dikesampingkan.

Itulah ulasan mengnai cara jualan online yang bisa dipraktikkan untuk mengasah insting dalam berbisnis. Untuk memulainya memang tidaklah mudah, apalgi kompetitor yang bermain di lahan ini juga terus berinovas dalam menjalankan usahanya. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah segera memulai dan terus berinovasi pantang menyerah.

Leave a Comment