ukuran foto

Ukuran Foto dan Jenis Kertas yang Umum Digunakan

ukuran foto
Ukuran Cetak Foto | Pexels

Foto adalah gambar yang diambil atau dihasilkan dari jepretan suatu peralatan fotografi. Gambar tersebut bisa disimpan dalam bentuk file atau dicetak dengan berbagai ukuran. Adapaun jenis kertas dan ukuran foto yang digunakan tergantung penggunaannya.

Di era serba digital seperti saat ini, foto bisa diambil menggunakan berbagai perangkat gadget misalnya smartphone, tablet bahkan dari laptop pun bisa digunakan. Untuk hasil yang lebih maksimal untuk kepentingan tertentu memang hasil dari perangkat kamera lebih memuaskan.

Mencetak foto biasanya digunaan untuk berbagai kebutuhan atau sekedar dipajang sebagai dokumentasi di ruang tamu, kama tidur bahkan ruang perkantoran. Sedikit diantara kita yang mengetahui detail jenis kertas serta ukurannya yang sering digunakan. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Sejarah Tentang Foto

Jika menengok sejarah keberadaan foto, memang tercatat dan bisa ditelusuri asal muasalnya. Mulanya, fotografi sudah ada sejak abad 5 SM. Adapun pencetus foto pertama kali adalah seorang ilmuwan bernama Louis Jackques, tepatnya pada tahun 1839.

Foto yang dihasilkan tersebut terbuat dari tembaga dan siebut dengan Daguerreotype. Temuan ini terus berkembang dengan adanya berbagai ide dari ilmuwan lain. sehingga dalam pengembangan tersebut berhasil menemukan bahan yang tepat untuk sebuah kamera.

Seiring perkembangan zaman, kamera muncul dengan komponen yang lengkap. Hingga saat ini mulai kamera hitam hingga kamera canggih sudah menjadi hal yang tidak terlewatkan di berbagai penjuru dunia. jenisnya pun semakin beragam, kamera digital, kamera jam tangan, DSLR, CCTV hingga kamera dalam smartphone. Setiap jenis kamera akan menghasilan gambar foto berbeda karena kualitasnya berbeda.

Jenis-jenis Kertas Foto

Sebelum lebih lanjut mengetahui tentang ukuran untuk foto yang sering digunakan, baiknya kita mengetahui jenis kertas yang melengkapi dunia fotografi tersebut. Setiap jenis kertas memeliki kegunaan masing-masing sesuai kebutuhan. Berikut jenis-jenis tersebut.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait ukuran kertas, ada baiknya menilik terlebih dahulu jenis-jenis kertas secara umum. Setiap jenis kertas memiliki kegunaannya masing-masing. Di antara kertas yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut.

1. Canvas

Kertas canvas merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan untuk cetak foto. Kerta sini memiliki tekstur kasar seperti kanvas untuk melukis. Karena sifat kertasnya yang kasar dan daya serap tinggi, maka proses pengeringannya pun terbilang cepat.

Kertas canvas memiliki ketebalan hingga 180 gsm. Dengan tekstur yang keras membuat kertasini mampu bertahan lama serta kualitas foto yang dihasilkan juga bagus.

2. Glossy

Kertas glossy adalah jenis kertas yang umum digunakan dalam mencetak foto. Sesuai namanya, ciri kertas glossy adalah mengkilap dan permukaan yang kesat, sehingga foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus. Gambar foto pun terlihat tajam dan tidak mudah luntur.

Penggunaan kertas glossy bisa digunakan untuk mencetak berbagai ukuran. Menggunakan kertas ini dalam fotografi menjadikan gambar terasa lebih hidup bahkan melebihi aslinya. Tips agar foto yang dicetak dengan kertas glossy adalah mengindari penyimpanan di area lembab.

3.  Mette / Doff

Kertas lainnya yang biasa digunakan dalam mencetak foto yakni kertas mette. Jenis kertas Matte atau Doff ini bertekstur halus. Mette sangat berbeda dengan glossy, tampilannya tidak mengkilat, hasil cetaknya rapi tanpa sidik jari yang timbul.

Kualitasnya yang baik menjadikan kertas foto mette banyak diminati oleh para fotografer. Kertas ini bisa digunakan untuk setiap ukuran, bagus pula digunakan untuk mencetak foto klasik warna hitam-putih.

4.  Metallic

Selain glossy, jenis kertas kertas yang memiliki permukaan mengkilap lain adalah metallic. Kertas foto ini dikenal lebih tahan lama dan menciptakan kesan yang memantulkan cahaya. Berbagai momen yang berharga sangat disarankan untuk diabadikan dalam kertas metallic.

Selain tahan lama, warnanya pun membuat tampilan lebih berkesan dan elegan. Kualitas foto yang dihasilkan sangatlah bagus, patut dicoba untuk mencetak potret yang berharga dan terjaga dalam waktu yang lebih lama.

Baca juga : Cara Mengurus SIM Secara Online

5.  Luster

Selanjutnya, terdapat jenis kertas foto yang disebut luster. Sebuah kertas foto yang memiliki tekstur berkilau. Hasil cetakannya sangat cocok untuk dipajang di dinding, dengan hasil yang begitu berkilau, serta tidak akan meninggalkan jejak kala dipegang tangan.

Meskipun kertas luster bisa digunakan untuk mencetak berbagai ukuran untuk foto, kertas ini sangat disarankan untuk mencetak ukuran besar.

Ukuran Foto yang Umum Digunakan

ukuran foto

Setelah mengetahui sejarah singkat dan jenis-jenis kertas dalam dunia fotografi,  selanjutnya adalah metentukan ukuran yang diinginkan. Terkait ukuran suatu foto sangatlah beragam dengan satuan R yang disepakati secara umum. Satua R menjadi ukuran populer yang digunakan secara luas. Besarnya angka yang ditunjukkan berbanding lurus dengan ukuran suatu foto.

Ukuran menggunakan satuan R sudah banyak digunakan, mulai dari nasional hingga internasional. Secara umum, ukurannya terdiri dari ukuran 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, 8R plus, 10R, 12R, 16R, 20R, 24R, dan 30R. Meskipun ragam ukurannya sangat banyak, adapun ukuran yang banyak digunakan yakni sebagai berikut.

1. Ukuran Foto 3×4 cm

Pertama, terdapat ukuran 3 x 4 cm yang sudah populer digunakan untuk berbagai kepentingan yang resmi/ formal. Penggunaan 3 x 4 cm banyak digunakan untuk dokumen resmi, seperti ijazah, SIM, KTP, foto nikah, foto lamaran pekerjaan dan sebagainya.

3 X 4 adalah yang paling banyak digunakan, karena termasuk jenis foto resmi. Untuk latar yang digunakan dalam mencetak foto resmi tidak bisa seenaknya, karena latarnya pun tertentu,  biasanya berwarna merah dan biru.

2. Ukuran Foto 3 R

Selanjutnya, terdapat seri 3R yakni foto dengan ukuran 8 x 12 cm dan 3,5 x 5 inci. Ukuran 3R akan menghasilkan foto dengan ukuran yang sama seperti kartu pos. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terdapat hal yang harus diperhatikan ketika mencetak suatu foto yakni untuk ukuran 3R hendaknya gambar memiliki ukuran 1051 x 1500 pixel.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan foto yang jelas tanpa pecah. Adapun kegunaan 3R sangat cocok untuk diaplikasikan pada foto yang akan disimpan dalam album.

3. Ukuran Foto 4R

Selain 3R, ukuran  lainnya yang banyak digunakan yakni 4R dengan ukuran 10 x 15 cm atau 4 x 6 inci. Sama halnya dengan satuan R lainnya, ukuran 4R juga memiliki standar minimal pada foto yang akan dicetak. Adapun standarnya yakni berukuran 1205 x 1795 pixel.

Penetapan ukuran standar minimal ini sebagai acuan untuk mendapatkan hasil foto yang jelas dan tidak pecah. Ukuran 4R sangat cocok untuk foto yang akan dipajang di bingkai yang selanjutnya bisa menghiasi kamar tidur ataupun ruang pribadi.

4. Ukuran Foto 5R

Untuk yang ingin mencetak foto dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya bisa menggunakan 5R yakni sekitar 12 x 17 cm atau 5 x 7 inci. Sama halnya dengan ukuran lain, untuk 5R juga mengharuskan foto yang akan dicetak setidaknya memiliki ukuran 1500 x 2102 pixel.

Penggunaan 5 R bisa kita jumpai dalam bentuk cendera mata, foto wisudan, foto pernikahan, dan foto dengan ukuran besar lainnya. Karena memiliki ukuran yang besar, hasil cetak 5 R ini biasa dipajang didinding ruang tamu atau ruangan lainya, dengan 5R foto pun terlihat jelas.

5.  Ukuran Foto 10R

Jika menginginkan hasil yang lebih besar, bisa menggunakan ukuran 10R yang setara dengan 25 x 38 cm atau 10 x 12 inci. Hasil foto yang dicetak menggunakan 10R tentunya akan menghasilkan ukuran yang lebih besar dari yang diulas sebelumnya.

Ukuran 10R banyak digunakan dalam bangunan berupa sekolah, gedung, rumah, dan sebagainya. Adapun standar foto yang akan dicetak minimal 3000 x 3602 pixel, sehingga hasil fotonya pun terlihat jelas.

Itulah informasi yang mengulas ukuran dan jenis-jenis kertas foto yang digunakan dalam dunia fotografi. Dengan mengetahui hal tersebut, kalian yang akan mencetak foto bisa memperkirakan akan menggunakan jenis kertas apa dan ukuran berapa. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment